KPK Minta Bambang Susantono Laporkan Perkembangan Pembangunan IKN Nusantara

Senin, 21 Maret 2022 - 14:54 WIB
loading...
KPK Minta Bambang Susantono Laporkan Perkembangan Pembangunan IKN Nusantara
Wakil KPK Alexander Marwata meminta Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Bambang Susantono melaporkan setiap informasi perkembangan pembangunan IKN Nusantara. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata menitipkan pesan untuk Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Bambang Susantono. Pesannya, Bambang diminta untuk melaporkan setiap informasi perkembangan pembangunan IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

"Kami prinsipnya siap mendukung, mengawal dan mencegah terjadinya penyimpangan yang dapat mengakibatkan tindak pidana korupsi," kata Alexander Marwata saat bertemu dengan Bambang Susantono di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (21/3/2022).

Alex menekankan pihaknya siap mendukung dan mengawal proses pelaksanaan pembangunan IKN Nusantara. Bahkan, KPK telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) untuk mengawal serta mengawasi tata kelola hingga proses pelaksanaan pembangunan Ibu Kota baru di Kalimantan Timur.



"KPK juga telah membentuk satuan tugas untuk mendampingi agar dapat meminimalisir potensi penyimpangan sebagai upaya pencegahan korupsi," bebernya.

Lebih lanjut, Alex juga memberikan catatan dan masukan untuk mendorong akuntabilitas pada setiap tahapan proses pembangunan IKN. Beberapa di antaranya, Alex mengingatkan sejumlah hal terkait penyiapan lahan baik di kawasan inti maupun pengembangannya.



Kemudian juga, kata Alex, terkait kebutuhan bahan material bangunan, penyediaan tenaga kerja, hingga rencana pemerintah terkait pemindahan nantinya dan aset-aset milik negara. Alex berharap koordinasi serta komunikasi antara KPK dengan Kepala Otorita IKN bisa berjalan dengan baik dalam proses pelaksanaan pembangunannya.

"Kami juga ingin dapat informasi dari Bapak-Bapak karena KPK tidak bisa selalu mengawasi. Sehingga, harapannya sinergi kita bisa berjalan baik," terangnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2077 seconds (0.1#10.140)