Ketua DPP Perindo Khawatirkan Fenomena Korban Kekerasan Seksual Berubah Menjadi Pelaku

Minggu, 20 Maret 2022 - 22:34 WIB
loading...
Ketua DPP Perindo Khawatirkan Fenomena Korban Kekerasan Seksual Berubah Menjadi Pelaku
Ketua DPP Perindo Bidang Perempuan dan Anak, Ratih Gunaevy khawatir korban kekerasan seksual akan berubah menjadi pelaku karena minimnya penyelesaian kasus. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua DPP Partai Perindo Bidang Perempuan dan Anak, Ratih Gunaevy mengungkapkan kekhawatirannya terhadap korban kekerasan seksual , tidak hanya anak dan perempuan, tapi juga laki-laki. Mereka berpotensi menjadi predator seksual karena minimnya tindakan penyelesaian kasus yang menimpa.

Hal ini disampaikan Ratih saat berbincang dengan Abraham Silaban dalam podcast aksi nyata "Dari Kamu untuk Indonesia di YouTube Perindo, Minggu (20/3/2022). "Ini seperti fenomena gunung es, yang dilaporkan saja tidak berarti menjadi gambaran banyaknya kasus kekerasan seksual yang seharusnya kita tangani. Latar belakang pelaku kekerasan seksual juga jarang diperhatikan oleh kita semua," tutur Wakil Ketua Umum Kartini Perindo ini.

Ratih menilai pengalaman masa kecil anak-anak yang pernah mengalami kekerasan seksual, kurang diperhatikan dan ditangani, berpotensi mengubah korban menjadi pelaku. Bagi Ratih hal ini merupakan lingkaran setan yang membuat kekerasan seksual tetap marak di Indonesia.



"Tidak pernah ada penyelesaian bagi korban kekerasan seksual, seperti terapi atau perlindungan, sedangkan korban mengalami kekerasa seksual terus menerus. Ini motif umum yang terjadi pada predator seksual di Indonesia," katanya.

Karena itu, Ratih bersama Perindo tetap memperjuangkan payung hukum pelarangan kekerasan seksual guna mencegah berlangsungnya perilaku yang biadab tersebut. Dia berharap agar Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual untuk segera disahkan agar memberikan efek jera pada pelaku.

"Soalnya Indonesia ini masih darurat kekerasan seksual dan masih banyak bentuk-bentuk kekerasan seksual yang belum diketahui oleh masyarakat. Semoga segera disahkan dan memberikan rasa aman bagi perempuan dan anak," kata Ratih.

Baca juga: Waketum Kartini Perindo Beberkan Pentingnya Dukungan Keluarga dalam Menghadapi Masalah

Untuk diketahui, podcast aksi nyata "Dari Kamu untuk Indonesia" diselenggarakan oleh Partai Perindo yang disiarkan langsung via Instagram Partai Perindo, RCTI+, Youtube, dan Website Partai Perindo. Podcast bertemakan Stop Kekerasan Pada Perempuan dan Anak! ditayangkan secara daring mulai pukul 16.00-17.00 WIB.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1547 seconds (0.1#10.140)