Wapres Minta Lulusan IPDN Hilangkan Egosektoral di Instansi Pemerintah

Kamis, 17 Maret 2022 - 19:43 WIB
loading...
Wapres Minta Lulusan IPDN Hilangkan Egosektoral di Instansi Pemerintah
Rektor IPDN Hadi Prabowo saat perayaan Dies Natalis ke 66 di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin berharap Institut Pemerintahan Dalam Negeri ( IPDN ) menjadi teladan, penggugah semangat perubahan, memberikan inspirasi moral dalam melaksanakan pengabdian bagi bangsa dan negara serta menghilangkan sekat-sekat egosektoral di kalangan instansi pemerintah.

Selain itu, Kiai Ma’ruf juga kembali mengingatkan IPDN untuk terus fokus dalam mencetak sumber daya manusia yang unggul, profesional, visioner, berintegritas, beriman, berdaya saing serta memiliki karakter melayani masyarakat.

Hal itu disampaikan Kiai Ma’ruf secara virtual saat acara puncak peringatan Dies Natalis IPDN ke-66 yang mengusung tema “Transformasi Digitalisasi, Budaya Mutu dan Berakhlak menuju Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan Unggul, Berkualitas dan Bangga Melayani Bangsa” di Gedung Balairung Rudini IPDN Kampus Jatinangor

Baca Juga: Sebanyak 117 Alumnus IPDN Ditempatkan di Instansi Pemprov Jatim

Dalam perayaan kali ini, IPDN menampilkan video ucapan selamat untuk IPDN dari beberapa pejabat tinggi Negara seperti Ketua DPR RI Puan Maharani, jajaran Menteri Kabinet, Ketua DPD RI, Ketua Komisi II DPR RI, Wakil Ketua Komisi II DPR RI serta pejabat tinggi negeri lainnya.

Acara puncak dies natalis IPDN yang diikuti oleh seluruh kampus IPDN daerah secara daring ini juga dimeriahkan dengan penyerahan penghargaan kepada dosen, pelatih, pengasuh dan pegawai teladan serta pemberian hadiah kepada pemenang beberapa perlombaan yang dilaksanakan dalam rangkaian dies natalis IPDN ini.

Baca Juga: Lulus IPDN, Pemuda Ini Ngontel dari Jatinangor ke Bojonegoro

Dalam kesempatan itu, Ketua DPR RI Puan Maharani memberikan atensinya dengan mengucapkan selamat dies natalis untuk IPDN. Beliau mengatakan IPDN adalah salah satu sumber perekrutan Aparatur Sipil Negara (ASN) karenanya mutu lulusan IPDN akan memengaruhi kualitas aparat birokrasi. “Kualitas praja IPDN harus semakin ditingkatkan agar ketika lulus mereka siap menjadi abdi masyarakat yang menerapkan praktik good government dan good governance,” ujarnya.

Senada, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, juga memberikan selamat dan apresiasi yang tinggi kepada IPDN atas langkah dan upaya IPDN dalam menyikapi peningkatan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan mengacu kepada sistem pembelajaran “Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)” yang merupakan kebijakan Kemendikbud Ristek.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4247 seconds (0.1#10.140)