Cerita Soeharto soal Siasat Serangan Umum 1 Maret 1949

Kamis, 17 Maret 2022 - 05:30 WIB
loading...
A A A
Soeharto menunjuk dua kompi untuk menjalankan rencana tersebut. Dipimpin sendiri oleh Soeharto, dua kompi pasukan itu pun bergerak untuk menyerang pos-pos Belanda di luar Yogyakarta. ”Ini adalah siasat untuk mensukseskan Serangan Umum 1 Maret agar dampaknya tidak ada balasan kepada rakyat,” ujar Soeharto.

Sejarah lalu mencatat, pada 1 Maret 1949 TNI menyerang Belanda pada pagi hari dan berhasil menguasai Yogyakarta lalu meninggalkan kota itu pada siang harinya. Sukses TNI menguasai Yogya pun tersebar ke dunia internasional melalui radio. Moral TNI, rakyat, juga diplomat di PBB naik pada level tertinggi. Mau tak mau, Belanda dengan berat hati harus meninggalkan Indonesia.

Secara pribadi, Serangan Umum 1 Maret juga melambungkan nama Soeharto. Bahkan, Panglima Besar Jenderal Soedirman memberikan pujian kepada Soeharto. ”Dalam surat kepada AH Nasution, Pak Dirman mengungkapkan kegembiraannya atas Serangan Umum 1 Maret dan menyebut Pak Harto sebagai bunga pertempuran daam serangan umum tersebut,” ujar politikus Partai Gerindra Fadli Zon dalam diskusi daring yang diselenggarakan MN KAHMI, Minggu (13/3/220).
(muh)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1538 seconds (0.1#10.140)