Indonesia Visionary Leader IX, Bupati Tapin Kenalkan Strategi Pembangunan Daerah melalui Pertanian

Selasa, 15 Maret 2022 - 16:23 WIB
loading...
Indonesia Visionary Leader IX, Bupati Tapin Kenalkan Strategi Pembangunan Daerah melalui Pertanian
Bupati Tapin Arifin Arpan memaparkan strateginya dalam mengelola pembangunan di daerahnya dalam babak penjurian IVL seasion IX di Gedung SINDO, Jakarta, Selasa (15/03/2022). FOTO/MPI/ADHITA DIAN
A A A
JAKARTA - Bupati Tapin Arifin Arpan memaparkan strateginya dalam mengelola pembangunan di daerahnya dalam babak penjurian Indonesia Visionary Leader (IVL) seasion IX di Gedung SINDO, Jakarta, Selasa (15/03/2022). Ia menyatakan bahwa Kabupaten Tapin saat ini fokus ke pertanian.

Arifin Arpan menjelaskan, Tapin merupakan salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan yang potensial dari segi sumber daya alam. "Tahun 2021 kontribusi PDRB Kabupaten Tapin masih didominasi oleh sektor pertambangan, sektor pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan, dan sektor perdagangan dan industri pengolahan," katanya.

Namun saat ini, kata Arifin, memberhentikan pengerukan tambang dan fokus ke pertanian. "Kami mengutamakan lingkungan hidup yang berkelanjutan, saya khawatir besok tambang selesai masyarakatnya tetap miskin. Makanya 2012 itu saya tidak mengotak-atik tambang, malah saya berpikir ke reklamasi," katanya.



Arifin mengunggulkan dari sektor pertanian yaitu cabai rawit hiyung, varietas lokal khas Kabupaten Tapin. Cabai ini sebut-sebut memiliki tingkat kepedasan 17 kali lipat.

Dengan sumber daya alam yang melimpah, Arifin juga mengimbanginya dengan pembangunan insfrastruktur dengan bersinergi ke berbagai pihak. "Kemudian infrastruktur juga mendukung, dari kegiatan-kegiatan selalu kita evaluasi. Kita bekerja sama tidak selalu dengan Dukcapil, ada Dinas Pendidikan kita libatkan, Dinas Kesehatan kita libatkan. Apalagi sekarang yang dibutuhkan data vaksin sangat dibutuhkan," katanya.

Berbagai sarana prasarana sudah mulai dikembangkan, seperti pembangunan ruang terbuka hijau, ruang terbuka publik, gedung perkantoran pemerintahan daerah, gedung perpustakaan, dan gedung Pendopo Kabupaten Tapin.

Arifin menambahkan, dengan pembangunan infrastruktur ia berharap dapat menarik wisatawan, sehingga dapat menggerakkan perekonomian dari bidang pariwisata. Namun, kendala komunikasi masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah. "Memang itu kelemahan kami di daerah, karena jaringan komunikasi," ujarnya.

Baca juga: Tujuh Kepala Daerah Ikuti IVL Season VIII
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)