PKK Dorong Orang Tua Menyesuaikan Diri di Era Society 5.0

Jum'at, 11 Maret 2022 - 14:58 WIB
loading...
PKK Dorong Orang Tua Menyesuaikan Diri di Era Society 5.0
Webinar Obrolan Santai Kader Inspiratif Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (ObraS KaIN PKK), Kamis (10/3/2022). FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Generasi muda saat ini tumbuh di dalam iklim teknologi . Orang tua harus melakukan penyesuaian diri agar mampu menghadapi tantangan pertumbuhan anak-anaknya menuju remaja.

Hal ini disampaikan Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK ) Tri Tito Karnavian diwakili Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK Pusat Yulia Akmal saat membuka Webinar Obrolan Santai Kader Inspiratif Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (ObraS KaIN PKK), Kamis (10/3/2022). Gelaran bertajuk 'Parenting Skill Remaja Jaman Now: Era Society 5.0' ini dikupas secara inspiratif dan bermanfaat.

Yulia Akmal mengatakan, keluarga sebagai unit terkecil masyarakat memegang peran penting sebagai garda terdepan dalam mengadang pengaruh negatif teknologi digital. Kader PKK memiliki peran strategis untuk menggerakkan para orang tua agar mampu mendidik para remaja menggunakan teknologi digital secara bijak.



"Kader PPK mampu menjadi penggerak masyarakat untuk dapat melek digital, menyiapkan masyarakat khususnya keluarga memasuki era society 5.0," katanya dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (11/3/2022).

ObraS KaIN PKK edisi kedua tahun 2022 diharapkan menjadi wadah menjalin silahturahmi, sarana diskusi, dan bertukar pikiran antara para kader PKK dalam meningkatkan keterampilan diri dalam mendampingi anak remaja.

Sebagai narasumber Psikolog Pendalaman Klinis, Perkawinan, dan Keluarga, Lucia Peppy Novianti menjelaskan 4 strategi parenting remaja di era society 5.0. Hal itu meliputi pengembangan pola pikir, bersahabat dengan teknologi, melatih daya lenting anak dengan keterampilan sosial remaja, serta membangun kedekatan personal antara orang tua dengan remaja.

Baca juga: Ketum TP-PKK Instruksikan Kader PKK Masifkan Kampanye Protokol Kesehatan

"Semua pihak mempunyai peranan dalam membangun remaja yang sehat. Mari kita hadir dalam (kehidupan) remaja, entah sebagai teman atau guru, karena para remaja butuh pendampingan, dan mari bergandengan tangan untuk membangun generasi anak yang sehat," kata Lucia dalam acara yang dipandu Ketua Pokja III TP PKK Pusat Rahmania Lufitasari tersebut.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1229 seconds (0.1#10.140)