ASN Diminta Ubah Kultur Pelayanan, Cepat dan Efisien

Sabtu, 05 Maret 2022 - 08:02 WIB
loading...
ASN Diminta Ubah Kultur Pelayanan, Cepat dan Efisien
Ketua Umum Korpri yang juga Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh mengajak ASN meningkatkan kesadaran terhadap perkembangan era digital saat ini. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Para Aparatur Sipil Negara ( ASN ) diminta untuk meningkatkan kesadaran terhadap perkembangan era digital saat ini. Hal tersebut dikatakan oleh Ketua Umum Korpri yang juga Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Zudan Arif Fakrulloh.

Baca Juga: ASN
Baca juga: Cegah Covid-19 di Kalangan ASN, Pemkab Maros Gelar Vaksinasi Booster

"Tentu tidak mudah, karena dengan berkomunikasi secara langsung itu kita harus siap mendapat komplain, bulian, kritikan, cacian dan sebagainya. Tapi itu menjadi bahan bagi kita untuk terus berbenah sehingga layanan berbasis WhatsApp itu terus kita kembangkan," ujar Zudan dalam keterangannya, Sabtu (5/3/2022).



Agar bisa memenuhi tuntutan tersebut, ASN harus memiliki inovasi salah satunya dengan membuat program kerja berbasis digital. Inovasi itu harus dilakukan semampunya. Misalnya berbasis website, appstore, atau layanan hotline berbasis chat whatsapp.

"Apa yang saya lakukan ini adalah menangkap dan melaksanakan arahan Mendagri Prof Tito Karnavian agar para ASN merubah pola pelayanan, kultur pelayanan dan menggunakan teknologi untuk memudahkan pelayanan," kata Zudan.

Dalam menciptakan inovasi, Zudan juga menekankan pentingnya branding terhadap inovasi. Tujuannya, agar program kerja mereka dapat dimengerti dan dijalankan oleh masyarakat.

"Ini bukan berarti pamer kinerja. Namun kita berupaya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan memanfaatkan teknologi digital," jelasnya.

Selain itu ASN juga harus menjadi marketing atas program yang dibuatnya. Hal ini bertujuan agar masyarakat bisa semakin paham dengan program tersebut dan bisa menjalankan aplikasi layanan yang sudah di buat oleh ASN.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1499 seconds (0.1#10.140)