DPR Anggap Capaian Vaksinasi Covid-19 Patut Diapresiasi

Jum'at, 04 Maret 2022 - 21:09 WIB
loading...
A A A
Sebab, menurutnya, peralihan status akan merubah strategi dan kebijakan penanganan pandemi, termasuk anggarannya. “Kita perlu mengambil pelajaran dari negara-negara yang sudah menentukan status endemi dan negara-negara yang belum menentukan status endemi. Apa saja faktor-faktor yang menjadi penentunya, karena setiap negara berbeda ketahanan kesehatannya,” katanya.

Sementara itu, Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo sepakat dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menekankan bahwa perubahan pandemi ke endemi tidak perlu tergesa-gesa. Menurutnya, peralihan pandemi ke endemi memerlukan persiapan yang matang.

Lebih lanjut dia mengatakan perubahan perilaku masyarakat dibutuhkan untuk peralihan pandemi ke endemi, selain vaksinasi. Karena, dia mengungkapkan banyak negara yang capaian vaksinasinya sudah tinggi, namun fatalitas rate-nya juga masih tinggi.

“Dibutuhkan perubahan perilaku dalam bentuk protokol kesehatan, kalau vaksinasinya sudah bagus, kemudian protokol kesehatan tetap berjalan, saya kira untuk menuju endemi itu masih bisa, tapi kalau saat ini menurut saya belum memungkinkan, tapi bolehlah untuk wacana itu,” pungkasnya.
(rca)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1552 seconds (0.1#10.140)