Hasto Ungkap Pemikiran Geopolitik Bung Karno agar Indonesia Diakui Dunia

Sabtu, 19 Februari 2022 - 14:04 WIB
loading...
Hasto Ungkap Pemikiran Geopolitik Bung Karno agar Indonesia Diakui Dunia
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, bahwa Proklamator RI yakni Bung Karno, dinilai membawa misi melawan kolonialisme hingga mendorong dunia yang adil. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Bung Karno dinilai membawa misi melawan kolonialisme hingga mendorong dunia yang adil. Hal ini dikatakan Hasto Kristiyanto yang merangkum sejumlah implementasi pemikiran geopolitik Proklamator RI Bung Karno dalam simposium nasional, Sabtu (19/2/2022).



"Pertama, Irian Barat dapat dibebaskan dari kolonialisme Belanda. Kedua, kepemimpinan Indonesia diakui dunia," kata Hasto.

Politikus asal Yogyakarta itu menyampaikan, Bung Karno juga membawa Angkatan Perang Republik Indonesia terkuat di bumi selatan. Kemudian, Presiden Pertama RI itu mengajukan restrukturisasi Dewan Keamanan PBB.

"Soekarno juga mendapat gelar Pahlawan Islam dan Kemerdekaan dalam Konferensi Islam Asia Afrika 1965," jelas Hasto.

Sekjen DPP PDIP itu mengatakan, bahwa Bung Karno mengubah tata dunia yang tidak lagi terbagi dalam dua blok besar, antara Blok Barat dan Blok Timur.

Bung Karno membangun kekuatan bangsa-bangsa baru yang membangun koeksistensi damai dan bercita-cita mewujudkan tata dunia yang lebih demokratis dan berkeadilan.

Lebih lanjut kata Hasto, sebenarnya ada beberapa aspek yang melatari Bung implementasikan pemikirannya itu. Pertama, pemikiran Bung Karno didasari ideologi Pancasila yang berintikan kemanusiaan, internasionalisme, keadilan, dan penghormatan kemerdekaan sebagai hak segala bangsa.

Kemudian, Bung Karno ingin membangun tata dunia baru, di mana Pancasila menjadi tahapan lebih lanjut, bahkan puncak dari ideologi-ideologi besar yang ada saat itu.

"Pemikiran Bung Karno berdasarkan postulat bahwa dunia akan damai apabila bebas dari imperialisme dan kolonialisme," jelas Hasto.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)