Komnas HAM Minta Ganjar Lakukan Pendekatan Humanis di Desa Wadas

Sabtu, 12 Februari 2022 - 03:05 WIB
loading...
Komnas HAM Minta Ganjar Lakukan Pendekatan Humanis di Desa Wadas
Warga yang sempat ditahan polisi dibebaskan tiba di halaman Masjid Desa Wadas, Bener, Purworejo, Jateng, Rabu (9/2/2022). Sebanyak 64 warga Desa Wadas ditangkap karena menolak Bendungan Bener. FOTO/ANTARA/Hendra Nurdiyansyah
A A A
JAKARTA - Komnas HAM meminta Pemprov Jawa Tengah melakukan perubahan pendekatan dalam menyelesaikan masalah yang terjadi di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo. Pendekatan yang sebelumnya menggunakan keamanan saat ini harus diganti dengan pendekatan humanis.

"Tidak lagi menggunakan pendekatan keamanan namun mengedepankan pendekatan yang humanis dan persuasif serta berbasis sikap dan kebutuhan warga," ungkap Komisioner Komnas HAM RI Beka Ulung Hapsara dalam keterangannya, Sabtu (12/2/2022).

Hal itu sampaikan oleh Beka dalam penjelasan situas dan rencana penyelesaian dari Pemprov Jawa Tengah yang dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan tokoh NU Imam Aziz.

Dalam kesempatan tersebut, Beka Ulung meminta kepada Pemprov Jawa Tengah mengevaluasi pendekatan yang dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di Desa Wadas. Masalah harus diselesaikan dengan pendekatan humanis dan persuasif.

Selain itu dia juga meminta kepada Ganjar Pranowo untuk menyiapkan konsep penyelesaian yang berbasis pada kebutuhan warga. "Serta menghormati prinsip-prinsip hak asasi manusia," pungkasnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1595 seconds (0.1#10.140)