Kapolri Mutasi 200 Perwira, 66 Kapolres Diganti

Sabtu, 29 Januari 2022 - 15:03 WIB
loading...
Kapolri Mutasi 200 Perwira, 66 Kapolres Diganti
Sebanyak 200 perwira yang masuk daftar mutasi dalam kebijakan terbaru Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mutasi perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) Polri kembali dilakukan. Sebanyak 200 perwira yang masuk daftar mutasi dalam kebijakan terbaru Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo .

Mutasi dan promosi jabatan tertuang dalam tiga Surat Telegram Kapolri, masing-masing Nomor: ST/164/I/KEP./2022; ST/165/I/KEP./2022; dan ST/166/I/KEP./2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri. Telegram tertanggal 24 Januari 2022 tersebut ditandatangani Asisten SDM atas nama Kapolri Irjen Pol Wahyu Widada.

Dalam kebijakan mutasi terbaru ini terdapat 66 kapolres dan kapolresta (termasuk kapolrestabes) yang diganti. Sebagian dirotasi alias hanya bergeser tempat tugas, tetapi ada pula yang mendapatkan jabatan baru di divisi lain.





Kapolres yang dimutasi antara lain AKBP Raden Bagoes Handoyo Koesoemah. Kapolres Malang ini diberi kepercayaan baru untuk menjabat Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Jatim. Kapolres Ciamis AKBP Wahyu Broto juga dimutasi.

“AKBP Wahyu Broto Narsono Adhi, Kapolres Ciamis Polda Jabar diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabagdalprogar Rorena Polda Jabar. AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro, Akreditor Madya Divpropam Poldi diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolres Ciamis,” bunyi salinan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/164, dikutip pada Sabtu (29/1/2022).

Mutasi kapolres ini terjadi di berbagai wilayah, mulai Aceh hingga Papua Barat. Di Bumi Kasuari, misalnya, Kapolri menunjuk AKBP Johannes Kindangen sebagai Kapolres Sorong Kota Polda Papua Barat. Johanes yang saat ini menjabat Kasubdit Wisata Ditpamobvit Polda Papua Barat akan menggantikan AKBP Ary Nyoto Setiawan yang diberi tugas baru sebagai Wadansat Brimob Polda Papua Barat.

Di jajaran Polda Maluku, Kapolri memutasi Kapolres Maluku Tengah AKBP Rosita Umasugi. Kapolres perempuan ini selanjutnya dipercaya untuk menjabat Wadirbinmas Polda Maluku. Sebagai pengganti Rosita yakni AKBP Abdul Ghafur yang saat ini menjabat Kasubdit 3 Ditreskrimum Polda Maluku.

Contoh lain di jajaran Polda Sulsel, AKBP Andiko Wicaksono yang saat ini menjabat Koorspripim Polda Sulsel dipromosikan sebagai Kapolres Parepare. Andiko menggantikan AKBP Welly Abdillah yang dimutasi sebagai Kabagstrajemen Rorena Polda Sulsel.

Sementara itu pada level pati, Kapolri juga melakukan sejumlah perubahan. Salah satunya menunjuk Widyaiswara Kepolisian Utama Tk I Lemdiklat Polri Irjen Pol Daniel Adtiyajaya sebagai Kapolda Kalimantan Utara. Daniel menggantikan Irjen Pol Bambang Kristiyono yang memasuki masa pensiun.

Dalam mutasi ini terdapat pula sejumlah pamen berpangkat kombes yang mendapatkan penugasan di luar struktur Polri. Atas penugasan tersebut mereka mendapat promosi bintang alias menjadi brigjen. Salah satunya Brigjen Pol Djoko Prihadi.

“Brigjen Pol Djoko Prihadi, Pamen Bareskrim Polri (penugasan pada BNN) dimutasikan sebagai Pati Bareskrim Polri (penugasan pada BNN),” bunyi salinan Surat Telegram Nomor ST/165.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0891 seconds (0.1#10.140)