NU Anonim

Rabu, 26 Januari 2022 - 15:24 WIB
loading...
NU Anonim
Ali Usman (Foto: Ist)
A A A
Ali Usman
Jamaah Nahdliyin Yogyakarta

APA itu “NU anomim”? Istilah anonim (anonymous), menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah tanpa nama; tidak beridentitas; awanama; dan tidak ada penandatangannya. Anonim merupakan julukan atau sebutan bagi seseorang yang tidak menampakkan identitas aslinya.

Lalu, tepatkah disematkan ke dalam konteks Nahdlatul Ulama (NU)? Apa maksudnya? NU anonim tidak merujuk pada orang-orang yang kadar ke-NU-annya mencapai 24 karat, tetapi mengacu pada setidaknya empat corak individu.

Pertama, orang NU yang meninggalkan ke-NU-annya secara formal, namun secara kultural masih mengaku sebagai orang NU, dan merasa bangga pernah menjadi orang NU. Karena ia dibesarkan dari rahim NU (keluarga dan lingkungan sekitar), maka wajar kalau cara beribadahnya, meski secara formal tidak dianggap lagi sebagai orang NU, tetap menjalankan amaliyah yang diajarkan dalam tradisi NU, seperti tahlilan, baca qunut saat salat subuh, ziarah wali, membaca Barzanji, dan sebagainya.

Tipe pertama ini termasuk orang-orang yang semula NU, memilih “hijrah” ke ormas lain, baik ke Muhammadiyah, Persis (Persatuan Islam), Al-Irsyad, hingga FPI, HTI, MMI, dan lain-lain. Jika ditanya alasan, boleh jadi, ada ragam motif, baik ekonomi, pendidikan, mapun politik, sehingga keputusan untuk berteduh di rumah selain NU merupkan pilihan sadar, nyaman, rasional, dan prospektif.

Kedua, orang NU yang enggan disebut sebagai orang NU. Menjadi orang NU, bagi tipe ini, meski ia sadar dirinya memang orang NU, seolah aib. Meski jumlahnya tidak banyak, tetapi ada model demikian, terutama orang NU yang berkarier di lingkungan yang menekankan profesionalitas. Atau ada juga orang yang sengaja menyembunyikan identitas ke-NU-annya untuk kepentingan pragmatis.

Sikap mengaku diri sebagai orang NU memang bukan suatu kewajiban, dan itu hak setiap individu. Namun, jika merefleksikan situasi sosial-politik kita, sikap “malu-malu” sebagai orang NU, merupakan langkah mundur. Mengapa demikian?

NU, terutama pasca-Reformasi 1998, telah mengalami transformasi yang sangat pesat di semua lini kehidupan. Hal ini terjadi selain lantaran iklim politik yang sehat, dan itu dimanfaatkan oleh NU—juga tidak bisa dilepaskan dari peran aktor-aktor tertentu, seperti oleh almarhum KH Abdurahman Wahid alis Gus Dur. Jendela dunia telah dibuka oleh Gus Dur, dan dengan itu warga nahdliyin pada akhirnya sadar diri bahwa sikap dan tradisi orang-orang NU sangat berarti dan adaptif di tengah pusaran zaman.

NU secara politik, melalui tokoh-tokohnya, ikut terlibat dalam masa transisi, dari Orde Baru ke Reformasi. Sejak itu dan hingga sekarang, NU tampil pede mengekpresikan ragam pandangan keagamaan, politik, sosial-budaya, dan sebagainya, untuk berkontribusi positif dalam mengisi rumah besar bernama Indonesia ke arah yang lebih baik.

“Orang Luar NU”
Ketiga, tipe orang NU “seperempat matang”. Artinya, kalau pun ia orang NU, sebagai “NU dadakan”, “NU muallaf”, hasil dari semacam pelatihan kader yang diselenggarakan oleh lembaga NU; atau ada orang tertentu yang tiba-tiba dihadiahi Kartanu; termasuk dipakaikan baju seragam (dan atribut-atribut lain) Ansor/Banser.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1112 seconds (0.1#10.140)