Merajut Kebersamaan ala Pemuda Seni Desa Kartun Sidareja Purbalingga

Sabtu, 22 Januari 2022 - 08:05 WIB
loading...
Merajut Kebersamaan ala Pemuda Seni Desa Kartun Sidareja Purbalingga
Para pemuda desa Sidareja, Purbalingga, yang tergabung dalam Kie Art Cartoon School, me-launching Bazaar Art Cartoon Village Sidareja dalam balutan tema Indahnya Kebersamaan . foto-foto/istimewa
A A A
PURBALINGGA - Indonesia selama beratus tahun bahkan sebelum Merdeka telah hidup berdampingan masyarakat yang sangat beragam dari suku, ras, budaya, bahasa, dan agama. Kemajemukan inilah yang sebenarnya menjadi salah satu kekayaan bangsa yang perlu dijaga. Bagaimana nilai bhineka tunggal ika ini tidak luntur dimakan zaman.

baca juga: Seniman Taiwan Suarakan Pesan Lingkungan dalam Pameran “Metaphors About Islands” di Jakarta

Berangkat dari kesadaran itu dan berbarengan dengan Peringatan Perdamaian Dunia pada Januari ini, menjadi momentum indah bagi para pemuda desa Sidareja yang tergabung dalam Kie Art Cartoon School, me-launching Bazaar Art Cartoon Village Sidareja dalam balutan tema “Indahnya Kebersamaan”. Dalam launching pertamanya ini menampilkan hasil karya seni dari beberapa kelompok Pemuda Seni Kie Art Cartoon School, Desa Kartun Sidareja Purbalingga.

Penggiat Kie Art, Slamet Santosa mengatakan, launching Bazaar Art Cartoon Village Sidareja akan menjadi wadah bagi para pemuda seni dan para seniman yang berkolaborasi dalam menampilkan karya-karyanya. Selama ini, karya-karya tersebut dikembangkan, untuk kemudian dapat dinikmati oleh masyarakat luas selain dalam misi mengedukasi dan melestarikan budaya desanya (Desa Sidareja).

Merajut Kebersamaan ala Pemuda Seni Desa Kartun Sidareja Purbalingga



Slamet Santosa juga menjelaskan, selain karya pertunjukan seperti seni Ebeg Sidareja, Seni Karawitan, Tari Ujungan 111 th history desa ataupun dalang Jemblung Kusno Umah Wayang, bazar juga menampilkan karya seni handmade seperti lukisan, sepatu lukis, tas lukis, lampu lukis , kriya bamboo dan juga ada karya blangkon Sudirman. “Tentu saja, ke depan akan dikembangkan dan lebih bervariasi dalam produk – produk hand made karya pemuda seni,” ujar Slamet.

baca juga: Dorong Pemulihan Parekraf, Menparekraf Sandiaga Serahkan Bantuan bagi Seniman Bali

Karya seni hand made yang tertampil di launching Bazaar Art Cartoon Village Sidareja menjadi komoditi utama yang ingin ditonjolkan. Hal ini untuk mengedukasi masyarakat dalam mengapresiasi karya seni original yang diciptakan dari sentuhan tangan dan hati sang seniman, sehingga dapat sama-sama merasakan kecintaannya pada seni leluhur bumi nusantara ini.

Merajut Kebersamaan ala Pemuda Seni Desa Kartun Sidareja Purbalingga



Karya seni hand made yang artinya suatu karya yang khusus diciptakan tanpa ada duplikasi dan menjadi sangat spesial karena dapat terkatakan menjadi karya pertama dan hanya satu di bumi Nusantara ini atau bahkan di dunia,” kata Gita Thomdean, penggiat Kie Art Cartoon School lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1946 seconds (0.1#10.140)