Visa Pertanian Australia dan Regenerasi Petani Indonesia

Rabu, 19 Januari 2022 - 12:50 WIB
loading...
A A A
Kedua, meningkatkan kompetensi dan pengalaman. Australia merupakan salah satu negara maju yang mengembangkan pertaniannya dengan teknologi dan inovasi di mana hal ini terbukti melahirkan produktivitas yang tinggi. Visa pertanian dapat dimanfaatkan sebagai pintu bagi kaum muda tani Indonesia untuk belajar dan memperoleh pengalaman baru dalam mengelola pertanian modern berbasis teknologi dan inovasi. Terjadinya akuisisi pengetahuan, teknologi dan pengalaman oleh petani muda Indonesia pada akhirnya berpotensi mendorong kemajuan pertanian Indonesia di masa depan.

Ketiga, meningkatkan kesejahteraan. Tidak bisa dipungkiri bahwa penghasilan pekerja tani di Australia sangatlah menjanjikan dari sisi kesejahteraan. Oleh karena itu, visa pertanian ini juga dapat dimanfaatkan oleh petani muda Indonesia sebagai jalan menuju kesejahteraan. Akumulasi kesejahteraan yang diperoleh nantinya dapat juga dimanfaatkan sebagai sumber investasi untuk mengembangkan bisnis pertanian di Indonesia.

Merdeka Belajar
Saat ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi memiliki kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Kebijakan ini memberi kesempatan mahasiswa, salah satunya, untuk belajar dan magang di luar negeri. Akan sangat baik bila mahasiswa pertanian Indonesia dapat memanfaatkan kebijakan Merdeka Belajar ini untuk belajar pertanian secara langsung bersama petani Australia. Dalam hal ini visa pertanian merupakan peluang untuk melakukan praktik lapang atau magang internasional di sektor pertanian Australia sebagai implementasi Merdeka Belajar. Ilmu dan pengalaman yang diperoleh akan menjadi inspirasi bagi mahasiswa untuk mengembangkan pertanian Indonesia yang modern, produktif dan menyejahterakan.

Memberi kesempatan kepada anak muda Indonesia untuk terpapar pada dunia pertanian di Australia akan memberikan daya tarik dan motivasi tersendiri, karena dapat mengubah persepsi mereka mengenai dunia pertanian. Oleh karena itu sangat baik jika kelak Indonesia bisa mengirimkan mahasiswa dan kader-kader petani muda belajar ke Australia dengan memanfaatkan visa pertanian yang ditawarkan. Mereka bekerja di sektor pertanian, memperoleh imbalan kesejahteraan, dan pada saat yang sama mereka juga bisa belajar bagaimana bisnis pertanian berbasis teknologi dan inovasi dijalankan di Australia.

Banyaknya jumlah petani muda yang bisa memanfaatkan visa pertanian Australia dapat berdampak positif bagi masa depan sektor pertanian di Indonesia secara luas. Dalam perspektif pembangunan pertanian jangka menengah dan panjang, visa pertanian dapat dijadikan sebagai instrumen penyegar dalam proses regenerasi petani Indonesia. Alumni pemegang visa pertanian, dengan ilmu dan pengalamannya kelak akan memberikan warna baru bagi dunia pertanian Indonesia.
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)