Disegani! PM Singapura Akui Kehebatan Jenderal Asisten Pribadi Soeharto Ini

Rabu, 19 Januari 2022 - 05:24 WIB
loading...
Disegani! PM Singapura Akui Kehebatan Jenderal Asisten Pribadi Soeharto Ini
Kiprah Letjen (Purn) Ali Moertopo di dunia militer dan intelijen Indonesia sangat besar. Ia kerap dikait-kaitkan dengan berbagai operasi di luar struktural untuk kepentingan Presiden RI ke-2 Soeharto. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kiprah Letjen (Purn) Ali Moertopo di dunia militer dan intelijen Indonesia sangat besar. Ia kerap dikait-kaitkan dengan berbagai operasi di luar struktural untuk kepentingan Presiden RI ke-2 Soeharto .

Namun, melihat sosok Ali Moertopo tidak bisa dilakukan dengan satu sisi saja. Ali Moertopo memang dikenal sosok kontroversial sekaligus penuh misteri. Tapi di sisi lain, jasanya bagi Indonesia tidaklah sedikit. Baca juga: Nekat! Kolonel Pentolan Intelijen Ini Berani Lawan Sepupunya yang Berpangkat Jenderal

Ada banyak bagian kisah perjalanan hidupnya yang sampa kini masih gelap. Sejumlah literatur biasanya menempatkan Ali Moertopo pada dua sisi, positif dan negatif.

Dikutip dari buku Ali Moertopo & Dunia Intelijen Indonesia yang ditulis oleh M Aref Rahmat, Mangkyo begitu sapaan akrab Ali Moertopo dalam keluarga adalah tokoh populer yang dekat dengan bermacam kelompok. Ia dianggap "bapak" oleh banyak kelompok, antara lain pemuda dan mahasiswa. Ia bahkan akrab dan membantu banyak tokoh PRRI dan Permesta yang sebelumnya disisihkan. Pernah juga ia membina beberapa bekas tokoh DI/TII.

Semua itu dilakukannya tatkala ia memimpin Opsus (Operasi Khusus) yang semula dibentuk dalam perjuangan mengembalikan Irian Barat ke wilayah RI. Dalam penataan kembali kehidupan politik Orde Baru, peranan Ali Moertopo sangat menonjol. Namun, dalam peran sebagai "operator" atau "pendobrak" itulah ia dituding sebagai pemecah belah parpol.

Dalam pemerintahan Orde baru posisi yang ia tempati sangat strategis. Ali Moertopo pernah menjadi Spri (Staf Presiden) atau Aspri (Asisten Presiden) yang memiliki akses langsung kepada Presiden.

Dia piawai dalam bernegosiasi dan menyatukan berbagai kelompok dari latar belakang berbeda dalam melaksanakan suatu tugas. Namun, tidak banya literatur yang mengulas tentang kehidupan pribadi Ali Moertopo, ia justru lebih banyak dikenal lewat peranannya dalam pemerintahan Orde Baru.

Direktur Lembaga Riset Kebudayaan Nasional LIPI Dr Alfian menganggap Ali Moertopo adalah tokoh yang kontroversial. Ia melahirkan beberapa ide yang menarik, seperti akselerasi pembangunan dan masa mengambang. Ide itu kontroversial itu mulanya tidak bisa diterima masyarakat tapi kemudian lambat-laun diterima.

Lebih lanjut Dr Alfian menuturkan Ali Moertopo kadang kala melawan arus karena mempunyai sense of purpose (tekad) yang sangat kuat dalam pembangunan bangsa. Bahkan, dia berani mengambil risiko dalam tingkah laku politiknya.

Dalam pengamatan Alfian, Ali Moertopo mempunyai kelebihan mampu keluar dari berbagai krisis politik. "Ia bahkan menjadikan krisis itu sebagai faktor untuk mengembangkan dirinya," tuturnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1208 seconds (10.55#12.26)