Dokter di Jambi Ini Obati Pasien dengan Cara Tradisional dan Buka Sekolah Herbal Muslim

Jum'at, 14 Januari 2022 - 11:22 WIB
loading...
A A A
baca juga: Tanaman Langkah untuk Pengobatan Tradisional Ditemukan di Gunung Hengduan

Yang disayangkan lagi, banyak umat Islam tidak menjadikan Rasulullah sebagai tuntunan hidup sehat sehingga banyak yang sakit karena pola hidup yang salah. Rumah sakit dan obat-obat kimiawi seakan-akan menjadi satu-satunya solusi untuk hidup sehat.

Sebagai dokter, Hasan memang banyak mempelajari ilmu kesehatan dari berbagai sumber dan referensi. Namun dia berkeyakinan bahwa produk alami yang datangnya langsung dari Allah SWT dan sunnah Nabi lah yang merupakan obat paling baik bagi manusia. Maka itulah, dalam menangani pasiennya, Hasan senantiasa menganjurkan para pasiennya itu untuk menerapkan pola hidup sehat sesuai sunnah Nabi.

Dokter di Jambi Ini Obati Pasien dengan Cara Tradisional dan Buka Sekolah Herbal Muslim

Lulusan pertama Sekolah Herbal Muslim (SHM) Jambi. foto/istimewa

Hasan bercerita pernah kedatangan pasien yang menderita diabetes stadium empat. Kakinya sudah membusuk, kulit kakinya menghitam hingga harus diamputasi. Oleh Hasan, pasien tersebut diobati dengan cara herbal. “Enam bulan saya tangani, alhamdulillah pasien itu sembuh. Kakinya tidak jadi diamputasi,” kata Hasan, yang jago pengobatan herbal dengan teknik bekam ini.

baca juga: Pengobatan Mesir Kuno Mampu Turunkan Risiko Kematian Akibat Covid-19 hingga 50%

Tidak hanya mengobati. Setelah pasiennya sembuh, Hasan juga mengingatkan kepada pasiennya untuk menerapkan pola hidup sehat. “Jadi pengobatan herbal yang dilakukan itu harus benar-benar holistic (keseluruhan). Tidak hanya sebatas fisik atau mengobati penyakit yang nampak saja, tapi sampai ke jiwa, pikiran dan hati. Yakinkan bahwa satu-satunya pertolongan itu hanya datangnya dari Allah,” ujar Hasan.

Dokter di Jambi Ini Obati Pasien dengan Cara Tradisional dan Buka Sekolah Herbal Muslim

Siswa Sekolah Herbal Muslim (SHM) Jambi menyimak paparan yang disampaikan
para ahli pengobatan herbal. foto/istimewa

Karena sadar akan besarnya manfaat pengobatan dengan cara herbal dan ingin masyarakat mengetahui manfaat tersebut, Hasan lalu menularkan kemampuannya dengan membuka Sekolah Herbalis Muslim (SHM) di Jambi. Tahun 2022 ini adalah tahun kedua sekolah herbal ini menerima peserta didik. Sekolah informal cabang dari Mojokerto, Jawa Timur yang didirikan Abu Bakar Siddiq Al Bakhruddin, ini sebagai tempat uji kompetensi (TUK) dan lembaga pelatihan kerja swasta (LPKS).

“Ada konsep tiga dimensi layanan di sekolah ini, yakni pendidikan berbasis ilmu herba komplemeneter, layanan penyehatan tradisional ilmiah dan holistic, dan kemandirian di bidang pelestarian alam dengan mengolah tanaman herba untuk kesehatan,” tukas Hasan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1139 seconds (0.1#10.140)