Mengapa Indonesia Dijajah Sangat Lama oleh Belanda?

Rabu, 12 Januari 2022 - 15:36 WIB
loading...
A A A
Tanam Paksa, Sengsarakan Rakyat
VOC runtuh pada 1799. Organisasi dagang raksasa ini akhirnya tak sanggup menahan segala masalah dan jepitan ekonomi akibat korupsi para petingginya. Tepat 1 Januari 1800, wilayah Nusantara resmi menjadi kekuasaan Kerajaan Belanda dan bernama Hindia Belanda. Kekejaman pemerintah kolonial mulai terasa dengan mewajibkan warga pribumi melakukan tanam paksa. Sistem ini pertama kali dipraktikkan Gubernur Jenderal Johannes van den Bosch di tahun 1830. Alasannya, pemerintah Belanda tengah mengalami krisis ekonomi usai Perang Jawa.

Melansir Jurnal Artefak berjudul 'Dampak Culturstelsel (Tanam Paksa) bagi Masyarakat Indonesia dari Tahun 1830-1870', sistem tanam paksa ini sangat memberatkan masyarakat. Sebab, 20% tanah dari setiap desa harus diperuntukkan bagi penanaman komoditas ekspor, seperti kopi dan teh. Hasil tanam itu akan dibeli oleh pemerintah Kolonial dengan harga yang sudah disepakati. Ciri khas dari sistem tanam paksa atau culturstelsel adalah kewajiban rakyat untuk membayar pajak dalam bentuk in natura atau melalui hasil-hasil pertanian mereka.

Pada praktiknya, penduduk lebih banyak mencurahkan tenaganya di ladang garapan yang ditanami tanaman ekspor, sehingga tidak sempat menggarap ladangnya sendiri demi menyambung hidup. Berbagai penyimpangan atau penyalahan aturan juga dilakukan oleh pemerintah Belanda, membuat rakyat semakin sengsara.

Sistem tanam paksa juga menimbulkan fenomena kelaparan dan wabah penyakit. Angka kematian pun meningkat. Beberapa wilayah yang dilanda kelaparan adalah Cirebon, Demak, dan Grobogan. Sementara itu, busung lapar juga kian meluas.

*diolah dari berbagai sumber
• https://sejarah-nusantara.anri.go.id/id/about-the-voc-and-its-archives/
• ‘Sejarah Pemahaman 350 Tahun Indonesia Dijajah Belanda’ – Ulil Absiroh, dkk
• ‘Indonesia: Dari Kolonialisme Sampai Nasionalisme’ karya Aman
• Jurnal Artefak ‘Dampak Culturstelsel (Tanam Paksa) Bagi Masyarakat Indonesia dari Tahun 1830 – 1870’ – Wulan Sorandika
• Jurnal Avatara ‘ Tanam Paksa Sebagai Tindakan Eksploitasi’ – Mifta Hermawati
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2073 seconds (0.1#10.140)