Pilpres 2024, Ganjar-Puan Dinilai Bisa Jadi Jalan Tengah bagi PDIP

Jum'at, 07 Januari 2022 - 14:48 WIB
loading...
Pilpres 2024, Ganjar-Puan Dinilai Bisa Jadi Jalan Tengah bagi PDIP
Duet Ganjar Pranowo-Puan Maharani yang diusung sejumlah tokoh dan kader PDIP belakangan ini merupakan solusi cerdas dan jalan tengah pada 2024 mendatang. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Duet Ganjar Pranowo-Puan Maharani yang diusung sejumlah tokoh dan kader PDIP belakangan ini merupakan solusi cerdas. Keduanya sangat potensial menjadi pasangan capres dan cawapres jalan tengah pada Pilpres 2024 mendatang.

Baca juga: Jika Anies Baswedan Maju Pilpres 2024, Ini Kandidat Penggantinya di Jakarta

Demikian disampaikan peneliti senior Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Toto Izul Fatah kepada pers di Jakarta, Jumat (7/1/2022). Ia menanggapi mulai maraknya pembentukan Laskar Ganjar-Puan di sejumlah wilayah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Maluku dan lain-lain.

Baca juga: Survei SMRC Sebut Ganjar Paling Berpeluang Menangkan Pilpres 2024

"Saya kira, duet Ganjar-Puan itu merupakan tawaran sekaligus solusi cerdas yang sangat potensial memecah kebuntuan dan kegamangan politik di internal PDIP. Dan dengan Duet tersebut, selain mampu mengakomodir aneka kepentingan kelompok yang menginginkan capres tertentu, juga sangat mungkin mengantar PDIP menjadi makin solid," kata Toto.

Bahkan menurut Toto, yang juga Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA itu, pasangan Ganjar-Puan juga sangat mungkin memberi banyak benefit politik buat PDIP, ketimbang mengusung pasangan Prabowo-Puan.



Toto menjelaskan, benefit politik yang pertama, PDIP akan lebih solid baik dalam rangka menghadapi pemilihan anggota legislatif (Pileg) maupun pemilihan presiden (Pilpres) 2024 nanti, karena dua kubu pendukung capres, Ganjar dan Puan, sudah bersatu sebagai pasangan.

Benefit politik kedua, lanjut Toto, kekuatan personal figur Ganjar dengan elektabilitasnya yang cukup tinggi di seluruh lembaga survei, sangat mungkin memberi efek elektoral positif buat partai.

Menurutnya, dengan tren elektabilitas yang terus meroket, figur Ganjar sangat potensial memberi efek ekor jas (coattail effect) buat PDIP sebagaimana pernah terjadi pada figur Jokowi pada Pileg dan Pilpres sebelumnya.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1633 seconds (10.55#12.26)