Jika Anies Baswedan Maju Pilpres 2024, Ini Kandidat Penggantinya di Jakarta

Minggu, 02 Januari 2022 - 18:52 WIB
loading...
Jika Anies Baswedan Maju Pilpres 2024, Ini Kandidat Penggantinya di Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Dok PPID DKI
A A A
JAKARTA - Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan akan berakhir pada Oktober 2022. Dia menjabat gubernur DKI Jakarta sejak 16 Oktober 2017.

Lalu siapa yang berpeluang untuk menggantikan sosok Anies Baswedan apabila ia mendapatkan tiket untuk maju ke Pilpres 2024 ?

Fraksi Gerindra dan Golkar di DKI Jakarta angkat bicara mengenai siapa yang berpeluang menggantikan sosok Anies di Pilkada DKI Jakarta 2024. Penasihat Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta M Taufik mengungkapkan ada tiga sosok nama yang pantas menggantikan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta jika Anies maju dalam Pilpres 2024.



Tiga sosok tersebut, kata Taufik, yakni Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia. "Itu usulan saya (Ahmad Riza Patria, Airin, dan Bahlil)," ujar Taufik ketika dikonfirmasi MNC Portal Indonesia pada Minggu (2/1/2022).



Kata Taufik, tidak menutup kemungkinan bursa cagub Pilkada DKI Jakarta di 2024 akan bergantung pada bursa capres 2024. "Dan masih banyak (kandidat cagub DKI) yang lainnya. Misalnya ada Sahroni anggota DPR, ada AHY ketua umun Demokrat, dan lain-lain," kata Taufik.

Sementara itu, Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta Basri Baco melihat sosok Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar berpeluang dalam kontestasi Pilkada DKI Jakarta mendatang. "Kita pasti berusaha mendorong semaksimal mungkin yang saat ini jadi Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar," kata Basri Baco ketika dikonfirmasi MNC Portal secara terpisah.

Ia menilai sosok Ahmed Zaki memiliki karakteristik yang tidak jauh berbeda dari Anies Baswedan. "Beliau punya pengalaman dua periode di kabupaten. Hasil kerjanya bagus dan bisa diterima,” tuturnya.

Apalagi, kata dia, tipikal Jakarta dan Tangerang hampir sama. “Dia juga memiliki keturunan dari Arab dan Betawi, Muslim. Di 2022 kita akan semakin memperkenalkan Pak Zaki (ke publik)," kata Basri Baco.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1193 seconds (0.1#10.140)