Hasil Survei: Ganjar Pranowo Ungguli Semua Kandidat di Bursa Capres 2024

Sabtu, 01 Januari 2022 - 23:54 WIB
loading...
Hasil Survei: Ganjar Pranowo Ungguli Semua Kandidat di Bursa Capres 2024
Survei SMRC menyebut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendapat dukungan publik paling besar sebagai Capres 2024.Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebut Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mendapat dukungan publik paling besar sebagai calon presiden (Capres) 2024.

Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas menjelaskan, ada anyak faktor yang menentukan masyarakat memilih seorang calon presiden. Secara psikologis, kognisi atau pengetahuan tentang calon adalah syarat dasar bagaimana memilih. Bila pemilih tahu semua calon yang bersaing maka yang menentukan bukan lagi “tahu” tapi faktor lain, termasuk “suka” pada calon. Kesukaan kemudian lebih menentukan dari sekedar tahu.

Lebih jauh Abbas menjelaskan, ada tiga nama yang selalu berada di urutan teratas dalam berbagai survei terkini, dan calon presiden mungkin hanya tiga, yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. Pada hari pemilihan nanti, kemungkinan besar pemilih akan tahu ketiga nama ini karena jumlah calon sedikit dan sama-sama sudah melakukan sosialisasi.



Survei ini menemukan bahwa jika pemilihan presiden dilakukan sekarang dan pemilih sama-sama tahu ketiga calon tersebut maka Ganjar Pranowo jauh mengungguli para pesaingnya. Dalam format semi terbuka, suara untuk Ganjar Pranowo sebesar 27,9%. Sementara dukungan pada Prabowo Subianto sebanyak 15,1%, dan Anies Baswedan 14,7%.

Pada simulasi 15 nama, dukungan untuk Ganjar semakin besar menjadi 32,2%. Sedangkan suara untuk Prabowo sebesar 17,0%, dan Anies 16,3%. “Pada pemilih yang tahu semua calon, Ganjar sementara konsisten unggul dari Prabowo dan Anies di berbagai simulasi,” kata Abbas.



Survei bertajuk “Prospek Partai Politik dan Calon Presiden: Kecenderungan Perilaku Politik Pemilih Nasional” ini dilakukan pada 8-16 Desember 2021 melalui tatap muka atau wawancara langsung. Adapun jumlah sample awal 2.420 yang dipilih secara acak atau multistage random sampling dari seluruh populasi Indonesia yang berumur minimal 17 tahun atau sudah menikah.

Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 2.062 atau 85%. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 2,2 % pada tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling).

Ketua Dewan Pembina Laskar Ganjar-Puan, Mochtar Mohamad menilai, survei ini menemukan jika pemilihan presiden dilakukan sekarang dan pemilih sama-sama tahu ketiga calon tersebut maka Ganjar Pranowo jauh mengungguli para pesaingnya. "Hasil survey SMRC ini tentunya merupakan gambaran yang positif bagi PDI Perjuangan apabila ingin memenangkan pemilihan presiden secara 3 kali beruntun," ujar Mochtar, Sabtu (1/1/2022).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1805 seconds (0.1#10.140)