Survei SMRC: Ganjar Pranowo Tokoh Paling Disukai Pemilih

Kamis, 30 Desember 2021 - 17:13 WIB
loading...
Survei SMRC: Ganjar Pranowo Tokoh Paling Disukai Pemilih
Lembaga survei SMRC menyebut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi tokoh paling disukai oleh pemilih. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis survei terbaru terkait kecenderungan perilaku politik pemilih nasional. Hasilnya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi tokoh paling disukai oleh pemilih Indonesia.

Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas mengungkapkan, pelaksanaan survei dilakukannya pada 8-16 Desember 2021 melalui tatap muka atau wawancara langsung. Pada jumlah sample awal 2.420 yang dipilih secara acak (multistage random sampling) dari seluruh populasi Indonesia yang berumur minimal 17 tahun atau sudah menikah.

Dari hasil tersebut diperoleh response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 2.062 atau 85%. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 2,2 % pada tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling).



Menurut dia, di antara 17 nama tokoh, Ganjar Pranowo paling disukai. Bahkan dari yang tahu, ada 86% menyatakan suka pada Ganjar. Tingkat kesukaan publik pada Ganjar ini jauh di atas Prabowo (disukai 71% dari yang tahu). Sementara Anies Baswedan sebesar 74%.



Abbas menjelaskan, dengan keadaan tersebut akan membuat Ganjar lebih unggul ketika kedikenalannya naik secara signifikan. Dalam survei ini ditemukan bahwa, tingkat kedikenalan Ganjar Pranowo masih di sekitar 67%, sementara Prabowo Subianto sudah 96%, dan Anies Baswedan sebesar 86%. Dari Oktober 2020 ke Desember 2021, awareness atau kedikenalan pada Ganjar naik dari 54% menjadi 67%.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Laskar Ganjar-Puan, Mochtar Mohamad mengatakan, kurva naik Ganjar-Puan tidak akan terbendung lagi karena dianggap PDI Perjuangan berhasil dalam proses kaderisasi dan penataan organisasi. "Pasangan Ganjar-Puan dianggap mampu membangun konstruksi Indonesia Berdikari yang pondasinya sudah dimulai oleh Presiden Jokowi," ujarnya.

Dia menambahkan, Ganjar mampu menjadi magnit sweng voter, Puan Maharani mampu mengelola strong voter PDI Perjuangan. Apalagi kalau Ganjar Pranowo diangkat di kabinet Jokowi pada tahun 2022. "Sedangkan pesaing utamanya Anies selesai masa jabatannya di 2022 dan Prabowo Subianto terjebak di Kabinet Jokowi yang secara politik sulit bergerak," ucapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1887 seconds (0.1#10.140)