Jika Omicron Meledak, Pemerintah Perpanjang Durasi Karantina Jadi 14 Hari

Selasa, 21 Desember 2021 - 14:17 WIB
loading...
Jika Omicron Meledak, Pemerintah Perpanjang Durasi Karantina Jadi 14 Hari
Pemerintah membuka opsi untuk menambah durasi karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang akan masuk ke Indonesia. Opsi itu bisa diwujudkan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah membuka opsi untuk menambah durasi karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang akan masuk ke Indonesia. Opsi itu bisa diwujudkan bila varian Covid-19 Omicron merajalela di Tanah Air.



"Karena nanti kalau dalam beberapa hari ini terjadi satu peningkatan Omicron yang sedemikian atau jumlah yang terpapar itu banyak, maka menjelang atau di awal tahun kita akan menetapkan 14 hari, tapi ini menjadi opsional," ucap Budi Karya usai mengikuti rapat di Kemenko PMK, Selasa (21/12/2021).

Karena itulah dirinya mengimbau masyarakat untuk tidak bepergian dulu ke luar negeri karena saat ini situasi dunia masih belum aman sepenuhnya. Pemerintah sendiri akan memonitor kondisi selama satu pekan ini sebelum memutuskan penambahan durasi karantina itu.

"Kita akan melihat perkembangan dalam satu minggu terakhir ini," jelas Budi Karya.

Sebelumnya, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah sedang mempertimbangkan opsi memperpanjang durasi karantina bagi PPLN jadi 14 hari. Saat ini durasi karantina bagi PPLN hanya 10 hari.

"Pemerintah sangat mempertimbangkan untuk meningkatkan masa karantina jadi 14 hari jika penyebaran Omicron ini semakin meluas," ujar Luhut.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3060 seconds (0.1#10.140)