WHO Melaporkan Sudah 76 Negara Ditemukan Varian Omicron

Rabu, 15 Desember 2021 - 17:58 WIB
loading...
WHO Melaporkan Sudah 76 Negara Ditemukan Varian Omicron
World Health Organization (WHO) melaporkan per tanggal 15 Desember 2021 sudah ada 76 negara yang melaporkan temuan kasus varian Omicron. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan World Health Organization (WHO) melaporkan per tanggal 15 Desember 2021 sudah ada 76 negara yang melaporkan temuan kasus varian Omicron .

“WHO melaporkan telah menemukan kasus Omicron baik yang diperoleh dari para pelaku perjalanan maupun yang diperoleh dari komunitas, yang artinya kemungkinan sudah ada penularan di tingkat masyarakat kasus positif Omicron tanpa ada riwayat perjalanan ke luar negeri,” ujar Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi dalam Konferensi Pers secara virtual, Rabu (15/12/2021).

Nadia mengatakan dari beberapa hasil studi telah dilaporkan kepada WHO terkait Omicron ini seperti di Inggris yang menemukan bahwa kecepatan penularan Omicron 3 kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan varian Delta.

Selain itu, kata Nadia, kasus reinfeksi dan juga kasus pada orang dengan riwayat vaksinasi juga ditemukan sehingga menguatkan dugaan sebelumnya bahwa varian Omicron ini mampu menghindar dari sistem kekebalan tubuh manusia.

“Kemudian, kita melihat beberapa studi laporan sementara menunjukkan bahwa potensi vaksin juga ditekan oleh varian ini. Sehingga memungkinkan infeksi pada orang yang sudah divaksinasi,” jelasnya.

Namun, Nadia memastikan bahwa vaksin Covid-19 terbukti mampu mencegah sakit berat dan kematian akibat Covid-19 termasuk varian Omicron.

“Walaupun demikian, saat ini vaksin masih terbukti mampu mencegah sakit berat dan kematian akibat Covid-19 dalam varian apa pun termasuk varian Omicron,” tegasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2764 seconds (0.1#10.140)