AMNU Minta Muktamar NU Digelar Sesuai Jadwal

Jum'at, 03 Desember 2021 - 20:24 WIB
loading...
AMNU Minta Muktamar NU Digelar Sesuai Jadwal
Aliansi Mahasiswa Nahdlatul Ulama (AMNU) berunjuk rasa di Kantor Pusat PBNU di Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, Jumat (3/12/2021). Mereka menuntut Muktamar NU digelar sesuai jadwal. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Aliansi Mahasiswa Nahdlatul Ulama (AMNU) berunjuk rasa di Kantor Pusat PBNU di Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, Jumat (3/12/2021). Mereka menuntut Muktamar NU tetap digelar sesuai jadwal semula.

Koordinator aksi, M Fir menilai surat perintah Rais 'Aam PBNU KH Miftachul Akhyar terkait pemajuan Muktamar NU bersifat sepihak. Sebab, berdasarkan hasil Munas Alim Ulama dan Konferensi Besar NU, Muktamar dijadwalkan digelar pada 23-25 Desember 2021.

"Walau Rais Aam telah mengeluarkan keputusan sepihak untuk mempercepat Muktamar, sembilan kiai sepuh justru mengusulkan Muktamar diundur ke akhir Januari 2022, sekaligus bertepatan dengan hari lahir NU ke-96. Pertimbangan utama adalah agar Muktamar dapat dilaksanakan dengan persiapan yang maksimal dan optimal," ujar M Fir, Jumat (3/12/2021).

Baca juga: Gus Muwafiq Berharap Muktamar NU Digelar Juni 2022

Ia juga mempertanyakan alasan Lampung dipilih sebagai lokasi Muktamar NU. Padahal, menurutnya, panitia masih gagap menyiapkan infrastruktur. "Diketahui bahwa hingga saat ini panitia masih mempersiapkan infrastruktur dan dukungan sinyal internet. Panitia sedang menyelesaikan pengadaan akomodasi para peserta, toilet, dan kelengkapan sanitasi untuk peserta Muktamar," katanya.

Untuk diketahui, Rais 'Aam PBNU KH Miftachul Akhyar telah menerbitkan surat perintah pelaksanaan Muktamar NU dimajukan pada 17-19 Desember 2021. Ketua Panitia Daerah Muktamar ke-34 NU, Moh Mukri menyatakan, 27 PWNU mendukung keputusan Rais 'Aam.

Mukri menjelaskan, perubahan jadwal Muktamar NU karena pemerintah memutuskan menerapkan PPKM Level 3 selama libur Nataru. Menurutnya, akan lebih baik jika Muktamar NU disegerakan. "Tidak ada pilihan lain, maka harus dijadwal ulang di 17-19 Desember. Penyelenggaraan akan tetap berlangsung di Provinsi Lampung," ucap Mukri.

Baca juga: KH Said Aqil Siroj Surati Rais Aam PBNU Ajak Rapat Bahas Pelaksanaan Muktamar NU
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1814 seconds (0.1#10.140)