Roy Suryo Sebut Konvensi Rakyat Partai Perindo Loncatan Demokrasi

Jum'at, 26 November 2021 - 21:54 WIB
loading...
Roy Suryo Sebut Konvensi Rakyat Partai Perindo Loncatan Demokrasi
Pakar Telematika Roy Suryo menilai Konvensi Rakyat Partai Perindo adalah loncatan dalam demokrasi. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Konvensi Rakyat berbasis digital yang digelar Partai Perindo diapresiasi Pakar Telematika Roy Suryo . Dia mengatakan konvensi rakyat tersebut adalah lompatan dalam berdemokrasi."Ini merupakan loncatan yang bagus, bagaimana demokrasi itu berlangsung," kata Roy Suryo, Jumat (26/11/2021).

Menurut dia, dari 274,9 juta penduduk Indonesia, sekitar 202 juta sudah menggunakan internet dan sekitar 170 juta jiwa di antaranya adalah pengguna media sosial. Karena itu, dia menilai Konvensi Rakyat Partai Perindo bisa dimaknai sebagai awal dimulainya e-democracy.

Roy Suryo memprediksi menuturkan ke depan akan banyak perubahan sebagaimana sudah banyak terjadi dua tahun belakangan."Tadinya seminar menjadi webinar, tadinya belajar tatap muka sekarang daring. Begitu juga nanti bisa pertemuan atau mengumpulkan masyarakat tidak lagi tatap muka langsung, tapi melalui online," ungkap mantan menpora ini.

Baca juga: Konvensi Rakyat Partai Perindo, Anak Muda Harus Berani Jadi Wakil Rakyat yang Amanah

Di lapangan politik, pemungutan suara pun bisa dilakukan dengan e-voting, yang mungkin bisa dilakukan di tahun 2024 atau 2029. Karena itu dia berharap gagasan digital Partai Perindo ini juga bisa diikuti oleh partai-partai lain di masa mendatang.

"Itu adalah sebuah keniscayaan. Para caleg yang akan didapatkan oleh Partai Perindo sejak awal sudah dididik ramah terhadap teknologi untuk kemudian mereka terbiasa menggunakan sarana ini," ungkapnya.



Dia menilai susunan Dewan Konvensi Rakyat Partai Perindo yang diketuai oleh Tokoh Nasional dan Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi sangat bagus. "Ada sahabat saya, rekan saya Pak TGB, itu bagus sekali," katanya.

Konvensi Rakyat diluncurkan pada Kamis, 25 November 2021. "Tembok pembatas untuk maju sebagai kandidat wakil rakyat telah ditembus oleh demokrasi berbasis digital yang pertama kali digagas, dibentuk dan diselenggarakan oleh Partai Perindo," kata Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo.

Dia mengatakan ada tiga esensi tujuan Konvensi Rakyat ini digelar. Pertama, menunjukkan bahwa Partai Perindo adalah partai inklusif, partai yang terbuka bagi seluruh rakyat Indonesia, tanpa kecuali.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1850 seconds (10.101#12.26)