Inovasi Ganjar ke Warga Miskin Dapat Perhatian Kemendagri

Rabu, 24 November 2021 - 07:47 WIB
Inovasi Ganjar ke Warga Miskin Dapat Perhatian Kemendagri
Politikus PDIP Ganjar Pranowo melakukan inovasi ke warga miskin, yakni tentang Gayeng Ndandani Omah Bareng Aplikasi Simperum (Jagani Omah Bareng Arum). Foto/Tangkapan Layar
A A A
JAKARTA - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo melakukan inovasi ke warga miskin, yakni Gayeng Ndandani Omah Bareng Aplikasi Simperum (Jagani Omah Bareng Arum). Hal ini mendapat apresiasi dari Kemendagri lewat top 10 inovasi pelayanan publik.

Baca juga: Kemendagri Dorong Pemda Genjot Pendapatan dengan Digitalisasi

Ganjar pun memamerkan program ini saat presentasi Kepala Daerah Terinovatif Kategori Provinsi dan Kabupaten. Acara itu merupakan kegiatan penghargaan tahunan yang digelar Kemendagri bertajuk Innovative Government Award (IGA) 2021.

Baca juga: Kemenkes dan Kemendagri Apresiasi Daerah yang Konsisten Terapkan Prokes

"Jateng gayeng ndandani omah bareng. Ini Jateng yang asyik yang membahagiakan ayo bersama-sama memperbaiki rumah yang tidak layak huni," kata Ganjar, Selasa (23/11/2021).

Sejak diluncurkan, program Jagani Omah Bareng Arum telah menyasar 125 desa yang tersebar di lima daerah. Yakni Brebes, Pemalang, Banjarnegara, Banyumas, dan Kebumen. Lima kabupaten itu masuk wilayah dengan kemiskinan ekstrem di Jateng.



"Sampai akhir tahun ini (target) kemiskinan ekstrem mesti nol, kita sudah punya roadmapnya," tegas Gubernur Jawa Tengah ini.

Jagani Omah Bareng Arum ini menggunakan aplikasi Simperum atau Sistem Informasi Manajemen Perumahan. Aplikasi ini juga digunakan untuk akselerasi penanggulangan kemiskinan, yang terintegrasi dengan SIDesa atau Sistem Informasi Desa Jawa Tengah.

"Integrasi dilakukan untuk mempercepat koordinasi lintas sektoral, sehingga tercapai target penanganan kemiskinan,” ujar Ganjar.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1599 seconds (10.101#12.26)