Kemenkes dan Kemendagri Apresiasi Daerah yang Konsisten Terapkan Prokes

Rabu, 17 November 2021 - 17:40 WIB
loading...
Kemenkes dan Kemendagri Apresiasi Daerah yang Konsisten Terapkan Prokes
Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang sudah berjalan selama hampir 2 tahun memberikan kesadaran bahwa kesehatan adalah segalanya. Kesehatan juga menjadi syarat mutlak dari pembangunan manusia Indonesia di masa yang akan datang.



Hal ini dikatakan Wamenkes saat memberikan sambutan dalam acara Penghargaan Swasti Saba Kabupaten Kota Sehat dan juga Penghargaan Penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) Bagi Tempat Pengelolaan Pangan 2021 yang diselenggarakan Kemenkes bekerja sama dengan Katadata, Rabu (17/11/2021).

"Penghargaan Swasti Saba Kabupaten Kota Sehat dan juga Penghargaan Penerapan Protokol Kesehatan Bagi Tempat Pengelolaan Pangan merupakan bentuk apresiasi atas inovasi dan juga kemandirian, kerja aktif yang telah dilakukan oleh bupati, wali kota dan juga gubernur," kata Dante.

"Meski terkendala pandemi, bapak-ibu bisa koordinasi untuk melaksanakan Kabupaten Kota Sehat. Saya memberikan apresiasi kepada bapak-ibu yang berhasil meraih penghargaan. Salah satu bagian penting dalam RPJMN adalah ketahanan kesehatan dan itu sudah bisa diraih yang mendapatkan penghargaan Swasti Saba Kabupaten Kota Sehat," tambahnya.

Dante menambahkan, tema kesehatan nasional tahun ini adalah Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku. Menurut Dante, untuk bisa mencapai Indonesia yang sehat bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat tetapi juga seluruh lapisan masyarakat.

Karena itu, Dante berterima kasih kepada Bupati, Wali Kota dan Gubernur yang bisa memberdayakan masyarakat dengan program masing-masing untuk menjaga kesehatan dan juga lingkungan.

Penghargaan Swasti Saba Kabupaten Kota Sehat dan juga Penghargaan Penerapan Protokol Kesehatan Bagi Tempat Pengelolaan Pangan dilakukan tiap dua tahun sekali dan digelar pada tahun ganjil.

Ada empat kategori penghargaan Swasti Saba yaitu Padapa, Wiwerda, Wistara dan Tim Pembina provinsi terbaik. Ada 7 kabupaten kota yang mendapatkan penghargaan Swasti Saba kategori Pandapa yaitu: Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Bandung, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Tegal, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Banjar dan Kota Sukabumi.

Sedangkan penerima Swasti Saba kategori wiwerda ada 4 kabupaten/kota yaitu Kabupaten Tebo, Kota Pangkal Pinang, Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Nganjuk. Untuk kategori Swasti Saba Wistara diterima oleh 25 kabupaten kota.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1859 seconds (0.1#10.140)