Tiongkok Kirimkan Bantuan Alkes Tahap Kedua Senilai Rp6,09 M

Jum'at, 05 Juni 2020 - 20:26 WIB
loading...
Tiongkok Kirimkan Bantuan Alkes Tahap Kedua Senilai Rp6,09 M
Republik Rakyat Tiongkok kembali mengirimkan bantuan berupa alat-alat kesehatan senilai Rp.6,09 M dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia. Foto/Binti Mufarida/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Republik Rakyat Tiongkok kembali mengirimkan bantuan berupa alat-alat kesehatan senilai Rp6,09 miliar dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia. Bantuan ini langsung diserahkan melalui Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia, HE Xiao Qian di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Jumat (5/6/2020).

(Baca juga: Penerapan New Normal di Wilayah Berdasarkan Zonasi Warna)

"Hari ini negara sahabat pemerintah RI dengan kepedulian yang tinggi dan donasikan alat kesehatan kepada pemerintah Indonesia," kata Sekretaris Utama BNPB, Harmensyah saat memberikan sambutan dalam serah terima bantuan.

(Baca juga: Pemberlakuan Normal Baru di Zona Hijau Tergantung Kesiapan Daerah)

Harmensyah mengatakan bantuan tahap pertama sudah terima pada akhir Maret yang lalu yakni berupa 2.084 diagnosis test, kemudian juga 10 ribu masker N95, 100 ribu masker bedah, 10 ribu APD, 50 ventilator dengan nilai sekitar 1,86 miliar rupiah.

"Selanjutnya pada hari ini kita juga menerima donasi 100 ribu Corona virus diagnostik kit, kemudian 70 ribu masker N95, 1,3 juta masker bedah, kemudian 10 ribu APD. Dengan nilai total 6,09 miliar rupiah," kata Harmensyah.

Harmensyah mengucapkan terima kasih kepada pemerintah RRT karena sudah memberikan makna yang lebih mendalam bagi persahabatan Indonesia dan Tiongkok. “Mengingat tahun 2020 bertepatan dengan momentum peringatan 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara,” katanya.

Senada, Direktur Asia Timur dan Pasifik, Kementerian Luar Negeri RI, Santo Darmosumarto juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi kepada pemerintah RRT atas kerjasamanya dalam percepatan penanganan pandemi Covid-19.

"Bantuan tersebut merupakan bantuan tahap yang kedua dari pemerintah Republik Rakyat Tiongkok sebagai wujud dari kedekatan hubungan diantara kedua negara. Tahun 2020 merupakan tahun penting yaitu perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Republik Indonesia dengan Republik Rakyat Tiongkok," kata Santo dalam kesempatan yang sama.

Sebelumnya pemerintah Republik Indonesia, kata Santi juga telah mengirimkan bantuan alat kesehatan kepada kepada pemerintah dan masyarakat Tiongkok yang dikirimkan langsung ke Kota Wuhan pada tanggal 2 Februari tahun 2020 saat pelaksanaan evakuasi WNI dari Kota Wuhan.

Kolaborasi RI dan RTT yang erat ini tambah Santo menunjukkan persahabatan, solidaritas dan simpati sama-sama menanggulangi pandemi Covid-19. "Tentunya kami harapkan kerja sama ini juga akan terinfeksi kan di berbagai bidang lainnya dan terus ditingkatkan di masa mendatang antara Indonesia dan Tiongkok. Sebagai Mitra strategis komprehensif dalam upaya penanggulangan Covid-19 ataupun mengatasi dampak dari pandemi Covid-19 di dunia," katanya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1550 seconds (0.1#10.140)