Survei Pemilih Muda: Prabowo, Ganjar, dan Anies Tetap di Ranking Atas Capres 2024

Senin, 15 November 2021 - 13:42 WIB
loading...
A A A
"Pola pencitraan Ganjar Pranowo lebih konsisten dapat diterima oleh masyarakat. Memiliki elektoral cukup masif dan signifikan. Dorongan dari masyarakat di luar tidak sejalan dengan internal di partai. Semakin ditekan semakin nikmat Ganjar ini. Buktinya nilai elektoral Ganjar semakin melesat," kata Rio Prayogo.

Sosok Anies Baswedan dapat menjaga ritme di atas 10%, sehingga ceruk pemilih dia tetap ada meskipun tidak setinggi Ganjar Pranowo. "Kemudian ada penurunan elektabilitas Prabowo Subianto, karena menjelang Pilpres 2024, semakin banyak sosok yang berpeluang untuk masuk dalam Pilpres 2024," katanya.

Rio mengatakan, ada sosok alternatif lainnya seperti Sandiaga Uno, yang keliling Nusantara untuk memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Aktivitasnnya cukup berdampak pada peta elektoral masyarakat Indonesia.

"Sandiaga Uno paling diminati jadi Cawapres 2024, dengan persentase 15,1%. Ini wajar karena dia mencalonkan diri sebagai Wagub dan Wapres. Jadi dia selama ini memang ada di sosok Wakil," kata Rio Prayogo.

Kemudian adapula sosok lainnya seperti Ridwan Kamil, Tri Rismaharini, dan AHY yang angkanya ada di bawah empat besar nama tersebut.

"Kemudian sosok lainnya seperti Puan Maharani, Airlangga Hartarto, dan Muhaimin Iskandar banyak baliho, tapi harus dibarengi dengan tindakan sering keluar (blusukan). Sehingga nilai elektoral mereka yang masih kecil dapat semakin ditingkatkan elektabilitasnya," kata Rio.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1361 seconds (0.1#10.140)