Pemerintah Diminta Serius Selamatkan Generasi Muda dari Bahaya Narkoba

Jum'at, 12 November 2021 - 20:52 WIB
loading...
Pemerintah Diminta Serius Selamatkan Generasi Muda dari Bahaya Narkoba
Jumlah Pengguna dan Pecandu Narkoba hingga saat ini semakin meningkat. Perlu adanya keseriusan baik Pemerintah maupun semua pihak, dari bahaya narkoba. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Jumlah pengguna dan pecandu narkoba hingga saat ini semakin meningkat. Perlu adanya keseriusan baik Pemerintah maupun semua pihak, untuk menyelamatkan generasi muda dari bahaya narkoba .



"Keseriusan tersebut harus dilandasi dengan komitmen yang kuat serta kesungguhan dalam memberikan pelayanan program rehabilitasi narkoba dengan benar dan lengkap bagi pengguna dan pecandu narkoba dengan melihat dari berbagai aspek," kata Hendra dalam keterangan resminya, Jumat (12/11/2021).

Hendra mengungkapkan, dalam menangani para pecandu narkoba, pihaknya memberikan masukan kepada pemerintah terkait program rehabilitasi pecandu.

"Yakni rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial dilakukan secara terintegrasi. Selain itu, Ashefa Griya Pusaka menjalankan Program 3P (Pulih, Pengembangan Diri, dan Produktif) bagi setiap individu pasien yang sedang menjalankan program," ungkap Hendra.

Ditegaskan Hendra, permasalahan rehabilitasi ini jangan hanya terfokus pada pemulihan saja, melainkan produktivitas pasien harus juga dipersiapkan ke depannya.

"Dilakukan dengan tahapan-tahapan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan setiap individu pasien. Pada Proses pemulihan, setiap pasien melakukan proses detoxifikasi hingga 30 hari. Dalam tahapan ini, pasien melakukan kegiatan rehabilitasi medis yang dilakukan oleh tenaga profesional dan tersertifikasi," jelasnya.

"Hal ini dimaksudkan agar setiap pasien dapat melalui fase "gejala putus zat" dengan baik. Dalam bulan ke-2 dan bulan ke-3, dilakukan pula konseling individu atau grup, sesi psikoedukasi, dan wellness holistic," tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan Hendra, fase program pengembangan diri ini, diberikan setelah terselesaikannya fase program pemulihan pasien.

"Kemudian produktivitas bagi pasien sangat penting dan perlu untuk diwujudkan. Pentingnya Produktif bagi pasien Ashefa Griya Pusaka yang telah menyelesaikan program untuk meminimalisir potensi pasien dapat relapse kembali," ungkapnya.

"Ashefa Griya Pusaka memberikan peluang bagi mantan pasien untuk dapat berwirausaha atau disalurkan untuk dapat bekerja. Hal itu khusus bagi pasien yang dinilai telah memiliki komitmen Pemulihan yang kuat," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1455 seconds (0.1#10.140)