Dua Pekan Dibuka, Pendaftar Calon Anggota KPU-Bawaslu Masih Sepi Peminat

Selasa, 02 November 2021 - 14:10 WIB
loading...
Dua Pekan Dibuka, Pendaftar Calon Anggota KPU-Bawaslu Masih Sepi Peminat
Ketua Timsel KPU-Bawaslu, Juri Ardiantoro mengatakan jumlah pendaftar masih minim semenjak proses pendaftaran resmi dibuka pada 18 Oktober 2021 kemarin. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tim seleksi (Timsel) Anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 melaporkan perkembangan yang telah dilakukan kepada Komisi II DPR RI, Selasa (2/11/2021). Dalam laporannya, Timsel mengungkap jumlah pendaftar masih minim semenjak proses pendaftaran resmi dibuka pada 18 Oktober 2021 kemarin.

"Kalau kita lihat perkembangan sampai malam tadi Pak Ketua, sampai tadi malam kami melihat dari pendaftaran angkanya masih kecil," ujar Ketua Timsel KPU-Bawaslu, Juri Ardiantoro dalam paparannya di ruang rapat Komisi II DPR RI.

Berdasarkan data yang dipaparkan, Juri menyebutkan, mereka yang mendaftar sebagai calon Anggota KPU RI sebanyak 38 orang yang terdiri dari 31 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Sementara, mereka yang mendaftar sebagai calon Anggota Bawaslu, total pendaftar sebanyak 28 orang, yang terdiri dari 25 orang laki-laki dan 3 orang perempuan.

Juri mengakui dari jumlah pendaftar itu, Timsel KPU-Bawaslu belum sempat memeriksa satu per satu tentang kualitas dari para pendaftar. "Karena kadang-kadang ada juga yang nekat mendaftar meskipun tidak memenuhi syarat administrasi," jelasnya.

Meskipun jumlah pendaftar masih terbilang minim, Juri menegaskan bahwa Timsel KPU-Bawaslu akan memaksimalkan waktu proses pendaftaran ini untuk dilakukan sosialisasi kepada semua pihak. Dari pengalaman yang ada, Juri menduga akan banyak yang mendaftar di akhir masa pendaftaran. Baca juga: 173 Pati dan Pamen Dimutasi, Polri Bakal Miliki 5 Jenderal baru

"Memang kecenderungannya kalau kita lihat pengalaman selama ini lebih banyak yang daftar di akhir-akhir waktu," pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1006 seconds (0.1#10.140)