Habib Husein Ja'far: Jadikan Imajinasi Sebagai Pemersatu Bangsa

Kamis, 28 Oktober 2021 - 13:14 WIB
loading...
A A A
Ya, artinya secara komunikasi harus sadar. Caranya bisa dengan melibatkan mereka dalam proses komunikasi. Menghadirkan keterwakilan mereka. Sebenarnya pemerintah punya amunisi untuk itu. Kan ada stafsus milenial yang seharusnya dimanfaatkan dengan baik.

Pesan apa yang ingin Anda sampaikan kepada masyarakat di Hari Sumpah Pemuda ini?

Bagi saya, roh Sumpah Pemuda itu adalah kebangsaa. Karena itu, sumpah ini menjadi kekuatan kita. Dulu kita punya Sumpah Palapa, kemudian keturunan Arab juga punya sumpah tahun 1934 karena memang dahsyatnya sumpah bagi kita. Karena itu, momen ini harus betul-betul bisa ditransfer kepada generasi muda agar bisa menghayati. Bukan lagi menjalani peristiwa bersejarah sehingga bagaimana menghidupkan itu secara roh kepada generasi muda.

Bagaimana kemudian perayaan ini bisa membuat bulu kuduk mereka merinding. Bukan sekedar ada sejarah itu, oh iya ada peristiwa itu. Oh iya ada upacara dan pakai pakaian ini, tapi tidak. Bagi saya tantangannya bagaimana secara kreatif menghadirkan penghayatan Sumpah Pemuda yang bisa membuat bulu kuduk mereka merinding karena itu sebagai simbol masuk kesanubari generasi muda.
(ymn)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3547 seconds (11.210#12.26)