Waspada! WHO Laporkan Kasus Covid-19 Global Meningkat Tajam

Rabu, 27 Oktober 2021 - 17:59 WIB
loading...
Waspada! WHO Laporkan Kasus Covid-19 Global Meningkat Tajam
Jubir Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyebut WHO melaporkan terjadi peningkatan kasus Covid-19 di tingkat global. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan World Health Organization (WHO) melaporkan terjadi peningkatan kasus Covid-19 di tingkat global.

“Sebelum kita masuk ke situasi nasional, kami juga ingin menyampaikan situasi global pandemi Covid-19 yang bisa menjadi masukan dan pembelajaran terkait respons nasional kita. Berdasarkan laporan WHO per 26 Oktober kemarin terjadi peningkatan tajam sejumlah kasus kematian di tingkat global,” ungkap Nadia, Rabu (27/10/2021).

Nadia mengatakan Eropa berkontribusi peningkatan kasus Covid-19 global hingga 50%. “Dan di regional Eropa berkontribusi sekitar kurang lebih, lebih dari 50% total penambahan kasus baru. Dan sekitar 14% dari total kematian baru,” paparnya.

Sementara itu, kata Nadia, WHO juga melaporkan beberapa negara yang mengalami peningkatan kasus Covid-19 tertinggi. “Jika kita lihat di tingkat negara, maka Amerika Serikat, Inggris, Rusia, Turki dan Ukraina merupakan negara yang melaporkan kasus tertinggi di level global,” ucapnya.

Nadia mengatakan salah satu yang dianggap memengaruhi peningkatan kasus tersebut adalah sudah dilakukan berbagai pelonggaran dan terjadinya penurunan kepatuhan terhadap protokol kesehatan termasuk penggunaan masker, cuci tangan dan jaga jarak. “Dari situasi global ini kita ambil pelajaran, bahwa vaksinasi saja belum cukup harus diimbangi dengan kepatuhan kita terhadap protokol kesehatan yang sudah ditetapkan,” papar Nadia.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2224 seconds (0.1#10.140)