Mengenal M Rasjidi, Menteri Agama Pertama RI

Selasa, 26 Oktober 2021 - 18:46 WIB
loading...
Mengenal M Rasjidi, Menteri Agama Pertama RI
M Rasjidi, Menteri Agama Pertama RI. Foto/Istimewa/Tangkapan layar muhammadiyah.or.id
A A A
JAKARTA - M Rasjidi tercatat sebagai Menteri Agama pertama RI. Cendekiawan muslim ini juga dikenal sebagai seorang diplomat yang bertugas di sejumlah negara.

M Rasjidi lahir di Kotagede, Yogyakarta, 20 Mei 1915. Kedua orang tuanya memberi nama Saridi. Ayahnya, Atmosudigdo, adalah pengusaha batik.

M Rasjidi kecil menempuh pendidikan dasarnya di sekolah Ongko Loro. Lalu, dia disekolahkan di Hollandsch Inlandsche School (HIS) Muhammadiyah Kotagede. Setelah itu, dia sempat belajar di sekolah guru, Muallimin Muhammadiyah.

Kepada SINDOnews, pemerhati sejarah Fikrul Hanif Sufyan mengatakan, setelah tercerahkan dengan pemikiran modernis Islam Ahmad Dahlan, Saridi berguru ke tokoh Islam lainnya, Syekh Ahmad Surkati, pendiri perguruan Al-Irsyad. Sejak berguru dengan pengurus Jamiat Khair itu, nama Saridi pun berubah menjadi Rasjidi.

Dua tahun menuntut ilmu di Al-Irsyad, Rasjidi meraih gelar diploma. Pada 1931, Rasjidi hijrah ke Kairo, Mesir, untuk melanjutkan studi di Darul Ulum, Universitas Kairo.



Selanjutnya, dia mengambil studi filsafat Islam di Universitas Kairo. Dia tercatat sebagai satu-satunya mahasiswa asal Indonesia yang berani mengambil kuliah filsafat. Setelah empat tahun menimba ilmu di Mesir, Rasjidi meraih gelar Bachelor of Arts (BA).

"Rosihan Anwar pernah memiliki kenangan terhadap sosok Rasjidi, ketika ia disorot oleh surat kabar Belanda Mataram Bode dengan sebuah berita kecil. Beritanya berisi raihan Rasjidi menggondol gelar Bachelor of Arts di Universitas Kairo," kata Fikrul pada 2015.

Sejak saat itu, Rasjidi selalu menjadi daya tarik bagi Pemerintah Hindia Belanda karena ia bisa berceramah dengan bahasa Prancis, suatu hal yang unik dalam masyarakat Kolonial pada masa itu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4321 seconds (0.1#10.140)