PCR Jadi Syarat Penerbangan, IDI: Bentuk Kehati-hatian, Cegah Klaster Baru Covid-19

Minggu, 24 Oktober 2021 - 10:10 WIB
loading...
PCR Jadi Syarat Penerbangan, IDI: Bentuk Kehati-hatian, Cegah Klaster Baru Covid-19
Ketua Satuan Tugas Covid-19 Pengurus Besar IDI Zubairi Djoerban mengatakan keputusan PCR sebagai syarat penerbangan sudah tepat. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah telah memutuskan tes polymerase chain reaction (PCR) sebagai syarat penerbangan. Kebijakan ini berlaku menyusul diperpanjangnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Ketua Satuan Tugas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Zubairi Djoerban mengatakan keputusan untuk menggunakan PCR sebagai syarat penerbangan sudah tepat sebagai bentuk kehati-hatian. Pasalnya, meski kasus landai namun harus tetap berhati-hati agar tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 lagi.

“Di satu pihak kasus Covid-19 kita saat ini sudah landai, positivity rate sudah di bawah 2% amat sangat bagus. Rumah sakit juga sudah sepi. Jadi waktunya untuk lebih longgar, jadi artinya boleh melakukan perjalanan namun keamanan juga tetap terjaga,” ungkap Zubairi dalam keterangannya, Minggu (24/10/2021). Baca Juga: Puan Pertanyakan Aturan Baru Wajib PCR Naik Pesawat yang Bikin Bingung

Zubairi mengatakan keputusan menggunakan tes PCR ini agar tidak terjadi klaster-klaster baru Covid-19. Apalagi, kini aktivitas masyarakat mulai diizinkan untuk dibuka seperti tempat pariwisata, pusat perbelanjaan, juga sekolah tatap muka.

“Kalau dulu, antigen itu dibolehkan itu supaya lebih cepat supaya lebih murah. Nah, sekarang kan berbagai tempat sudah dilonggarkan baik pariwisata, baik sekolah tatap muka baik, tempat perbelanjaan, jadi karena sudah dilonggarkan saya kira patut diperketat untuk tidak terjadi klaster-klaster baru,” ungkap Zubairi. Baca juga: Satgas IDI Sebut Kebijakan Tes PCR Negatif Sebelum Naik Pesawat Itu Penting

Zubairi juga mengungkapkan PCR paling bagus untuk screening Covid-19 dibandingkan dengan menggunakan GeNose ataupun antibodi lewat tes antigen. “Jadi tolong diingat juga dulu kita pernah screening pakai GeNose, screening pakai antibodi, kemudian terbukti nggak begitu bagus. Ya udah sekarang terbukti juga bahwa PCR lebih baik dari antigen memang harganya agak mahal. Tapi kan menjadi lebih aman,” ucapnya.

Screening ketat dengan PCR ini, kata Zubairi dilakukan agar tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 lagi seperti pada bulan Juli-Agustus. “Bayangin, tolong diingat pada Juli-Agustus itu yang meninggal setiap hari di Indonesia tuh 2.000 orang lebih, kita di puncak paling tinggi. Sekarang turun banget, kalau harian kasus baru mingguan itu kita sudah nomor 54 dunia, yang tadinya nomor 1 dan sekarang turun banget. Nah, saya kira nggak ada yang ingin ke nomor satu lagi. Kita memang harus lebih ketat,” paparnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1900 seconds (0.1#10.140)