Pemerintah Siapkan 5 Strategi Antisipasi Potensi Gelombang Ketiga Covid-19

Senin, 18 Oktober 2021 - 06:19 WIB
Pemerintah Siapkan 5 Strategi Antisipasi Potensi Gelombang Ketiga Covid-19
Pemerintah saat ini terus mengantisipasi potensi gelombang ketiga Covid-19 di Tanah Air.Foto/SINDOnews/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Pemerintah saat ini terus mengantisipasi potensi gelombang ketiga Covid-19 di Tanah Air. Apalagi, sejumlah ahli memprediksi gelombang ketiga bisa terjadi di akhir tahun 2021.

Hal ini berkaca dari lonjakan kasus virus Corona yang terjadi pada akhir tahun 2020 dan pertengahan tahun 2021. Pada saat itu, terjadi peningkatan mobilitas yang tinggi saat perayaan hari besar keagamaan.

Agar hal serupa tidak terulang lagi, dibutuhkan upaya dan langkah-langkah atau strategi antisipasi. “Ancaman gelombang ketiga yang diprediksi oleh para ahli akan terjadi Desember karena di situ lah Nataru, dan pergantian cuaca. Ini yang menjadi ancaman peningkatan Covid-19,” ungkap Ketua Satgas Penanganan Covid-19 , Letjen TNI Ganip Warsito dikutip dari keterangan tertulisnya, Senin (18/10/2021).

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harry B. Harmadi menuturkan, ada sejumlah langkah yang dilakukan untuk menghadapi potensi terjadinya gelombang ketiga Covid-19. Yakni, meningkatkan kapasitas tes Covid-19, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).Baca: Kemenkes Klaim Siap Hadapi Potensi Gelombang Ketiga Covid-19

Selanjutnya, sosialisasi untuk mendorong kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin. Kemudian, vaksinasi yang terus dipercepat meskipun saat ini jumlah kasus Covid-19 di Indonesia melandai.

Terakhir, pemerintah memperketat akses masuk dari luar negeri ke Indonesia untuk mencegah masuknya varian baru. “Titik masuk kita sudah sangat dibatasi, (akses) udara hanya di Soekarno-Hatta dan Sam Ratulangi, Manado, lalu kemudian darat hanya boleh di Entikong, Aruk, Nunukan dan Motaain di Timor Leste dan laut juga hanya dua, Batam dan Tanjungpinang,” tuturnya.



Menurut Sonny, untuk mencegah potensi terjadinya gelombang ketiga Covid-19 tidak bisa hanya mengandalkan upaya yang dilakukan pemerintah bersama pihak terkait saja."Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk keberhasilan kita melawan virus Corona," ucapnya.
(hab)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1488 seconds (10.101#12.26)