2.945 Varian Delta Terdeteksi Tersebar di Seluruh Indonesia

Rabu, 29 September 2021 - 20:48 WIB
loading...
2.945 Varian Delta Terdeteksi Tersebar di Seluruh Indonesia
Kemenkes telah mendeteksi sebanyak 2.945 varian Delta yang tersebar di seluruh Provinsi Indonesia. Data tersebut dari total pengetesan 6.734 sekuensing yang dilakukan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mendeteksi sebanyak 2.945 varian Delta yang tersebar di seluruh Provinsi Indonesia. Data tersebut dari total pengetesan 6.734 sekuensing yang dilakukan.

“Sampai saat ini total 6.734 sekuensing telah dilakukan dan telah kita masukkan ke dalam database global sebagai upaya sharing data persebaran varian-varian di tingkat global. Dari total tersebut tetap varian Delta dengan jumlah 2.945 terutama di bulan-bulan terakhir yang ditemukan di seluruh provinsi di Indonesia,” ujar Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi secara virtual, Rabu (29/9/2021).

Nadia mengatakan selain varian Delta kita juga mengidentifikasi varian Alfa, Beta dan varian lokal lainnya di Indonesia. Namun, kata Nadia, varian seperti Lambda, Mu dan lainnya belum terdeteksi di Indonesia.

“Sampai saat ini kami sampaikan varian-varian lain seperti Lambda, Mu, R1 atau C1.2 maupun varian lainnya belum ditemukan di negara kita.”

“Kita terus berupaya melakukan sekuensing sebanyak mungkin terutama jika muncul klaster-klaster kasus ataupun kasus individual yang tidak lazim serta kasus positif yang berasal dari luar negeri,” sambungnya.

Selain itu, Nadia memastikan pemerintah terus berkonsultasi dengan WHO untuk memperbarui informasi terkait varian baru Covid-19 yang berpotensi menyebar di Indonesia.

“Kita juga akan berkonsultasi dengan WHO untuk terus memperbarui informasi terkait varian-varian baru yang berpotensi dan menyebar di Indonesia,” tutupnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2432 seconds (0.1#10.140)