Ikuti Usulan KPU, Demokrat Setuju Pemilu 2024 Digelar Februari

Rabu, 29 September 2021 - 10:40 WIB
loading...
Ikuti Usulan KPU, Demokrat Setuju Pemilu 2024 Digelar Februari
Ikuti Usulan KPU, Demokrat Setuju Pemilu 2024 Digelar Februari. Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Fraksi Partai Demokrat menyatakan mengikuti waktu pelaksaan Pemilu 2024 yang diusulkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Diketahui, KPU mengusulkan Pemilu 2024 digelar pada bulan Februari.

"Fraksi Demokrat sangat percaya KPU secara teknis sudah memperhitungkan segala risiko yang terjadi sehingga mengambil jadwal di Februari itu," kata Kapoksi Partai Demokrat di Komisi II DPR Anwar Hafid kepada wartawan, Rabu (29/9/2021).

Anwar Hafid menjelaskan, sebenarnya jika tidak ada pilkada serentak pada November 2024, penyelenggaran pemilu seperti yang diusulkan pemerintah pada bulan April atau Mei itu juga tepat dan sesuai jadwal pemilu sebelumnya. Namun, karena pilkada serentak digelar November di tahun yang sama maka akan banyak tahapan yang beririsan, apalagi kalau pilpres dua putaran.



"Hanya itu sih problemnya. Semua ada plus minusnya, namun bagaimanapun juga KPU secara teknis lebih mengetahui kemampuan mereka bekerja sehingga bisa mempertimbangkan waktu yang tepat itu," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD menilai usulan tanggal Pemilu 2024 serentak yang diajukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 21 Februari 2024 tidak efektif. Sebab, di tanggal tersebut banyak proses yang terlalu panjang, ke belakang maupun ke depan.

Karena itu, Mahfud menilai waktu yang tepat untuk menggelar pemungutan suara Pemilu 2024 adalah 15 Mei. Menurutnya, tanggal itu amat rasional untuk diajukan ke KPU dan DPR. "Sehingga yang tepat yang Mei itu. 15 Mei itu sangat rasional menurut pemerintah. Tapi nanti kita dengarkan yang dari KPU dan DPR seperti apa ya," ujarnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1091 seconds (0.1#10.140)