Perlu Kerja Sama Lintas Sektor untuk Jawab Tantangan Ekonomi di Masa Pandemi

Rabu, 22 September 2021 - 22:41 WIB
loading...
A A A
Di masa transisi ini, ujar Raden Kurleni, pemerintah berupaya fokus pada bentuk wisata seperti staycation, wisata dengan perjalanan pendek dan long distance di kawasan yang jauh dari keramaian.

"Upaya yang dilakukan untuk merealisasikan rencana itu adalah peningkatan kapasitas SDM, reorientasi destinasi pariwisata, peningkatan resilience dan daya saing wisata, serta inovasi produk dan jasa," katanya.

Sementara, Dedi Kusmanagandi mengungkapkan, karena tata niaga perunggasan terganggu di masa pendemi ini, potensi peternakan unggas untuk menggerakan ekonomi menjadi sia-sia.
Dedi berharap sejumlah peraturan yang ada untuk mengendalikan sektor peternakan unggas diterapkan dengan konsisten.

Selain itu, tambahnya, pemerintah harus memaksimalkan peran Badan Pangan Nasional untuk menyetabilkan harga telur dan ayam bila terjadi gejolak. Dedi menyarankan, para pemangku kepentingan menginisiasi terbentuknya komite perencanaan peternakan nasional agar potensi triliunan rupiah usaha peternakan yang bisa menggerakkan perkonomian tidak sia-sia.

Suyoto mengungkapkan di masa transisi di mana sering terjadi perubahan permintaan secara drastis, perlu diupayakan untuk memperpendek time delay dalam pemenuhan permintaan tersebut. Untuk memperlancar kembali kegiatan ekonomi, Suyoto menyarankan, para pemangku kepentingan segera melakukan mapping sejumlah sektor ekonomi yang mengalami time delay saat menghadapi perubahan permintaan yang kerap berubah drastis di masa pandemi ini.

"Selain itu, pemanfaatan teknologi digital harus ditingkatkan, sebagai salah satu faktor pendorong bergeraknya perekonomian di masa transisi ini," katanya.

Jurnalis senior Saur Hutabarat berpandapat untuk membangun ekonomi di masa pandemi pemerintah harus memperkuat dan memperluas infrastruktur digital. Menurut Saur, sikap kehati-hatian dari semua pihak sangat diperlukan karena masih ada potensi munculnya gelombang ketiga penyebaran Covid-19 di tanah air.

"Karena itu gelombang ketiga penyebaran Covid-19 ini harus dicegah dengan berbagai cara, agar sektor ekonomi tetap bisa survive," katanya.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1182 seconds (0.1#10.140)