Dubes Sukmo Kenalkan Pancasila di Acara Resepsi Diplomatik

Jum'at, 17 September 2021 - 16:25 WIB
loading...
Dubes Sukmo Kenalkan Pancasila di Acara Resepsi Diplomatik
Dubes Sukmo Kenalkan Pancasila di Acara Resepsi Diplomatik. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Duta Besar (Dubes) RI untuk Panama Sukmo Harsono menyampaikan tentang Pancasila sebagai filosofi Bangsa Indonesia secara detail di acara resepsi diplomatik HUT ke-76 RI secara virtual yang digelar KBRI Panama City pada 16 September 2021 waktu setempat. Adapun acara itu dihadiri oleh para duta besar, korps, korps diplomatik, pejabat pemerintahan, conterpart, diaspora WNI serta publik yang bisa menyaksikan langsung melalui streaming.

Selain itu, peningkatan hubungan antara Indonesia dengan negara sahabat adalah perwujudan dari visi yang telah dicanangkan oleh para pendiri Bangsa Indonesia melalui pembukaan konstitusi RI, yaitu penjajahan di muka bumi harus dihapuskan. Sukmo mengatakan, Indonesia berharap untuk terus dapat meningkatkan kerja sama dengan Panama dan negara-negara akreditasi antara lain Nikaragua, Kosta Rika, dan Honduras, dengan cara mengeksplorasi berbagai potensi kerja sama sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat, khususnya di era pandemi Covid-19.

“Filosofi Pancasila dalam kaitan ini sangat relevan dan sejalan dengan tema Recover Together, Recover Stronger yang akan menjadi spirit Kepresidenan Indonesia di G-20 tahun depan serta Indonesia - Amerika Latin dan Karibia Business Forum atau INALAC yang akan dilaksanakan pada 14 - 15 Oktober 2021,” katanya dalam keterangan pers yang diterima SINDOnews, Jumat (17/9/2021).



Dalam acara itu, KBRI Panama City menampilkan dua tarian tradisional yaitu Tarian Bambangan Cakil dan Tari Rama Shinta yang dibawakan oleh Kelompok Tari Sendratari Prambanan serta pemutaran video promosi keindahan alam serta lagu-lagu daerah nusantara. Para undangan memberikan apresiasi dan respons positif atas keindahan tari-tarian tradisional dan persembahan video.

Walaupun acara berlangsung secara virtual, para undangan tidak beranjak hingga acara berakhir. Tamu undangan memberikan tanggapan bahwa tari-tarian tradisional yang disajikan sangat memukau karena serasa melihat pentas tari-tarian secara langsung di tempat pertunjukan meskipun secara virtual.

Sementara itu, Wakil Menteri Luar Negeri Panama H.E Dayra Carrizo Castillero atas nama Presiden Panama, Laurentino Cortizo menyampaikan harapannya untuk senantiasa meningkatkan kerja sama terutama di era pandemi Covid-19. “Hubungan bilateral yang telah berlangsung secara erat selama ini merupakan fondasi yang kuat untuk semakin meningkatkan hubungan kedua negara di masa pandemi Covid-19," katanya dalam sambutannya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3061 seconds (0.1#10.140)