Nusantara Palestina Center Bantu Anak Yatim Gaza

Selasa, 14 September 2021 - 00:28 WIB
loading...
Nusantara Palestina Center Bantu Anak Yatim Gaza
Lebih dari 900-an anak yatim Palestina telah menerima santunan dari lembaga kemanusiaan Nusantara Palestina Center. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Lebih dari 900-an anak yatim Palestina telah menerima santunan dari lembaga kemanusiaan Nusantara Palestina Center (NPC). Lembaga yang dibentuk oleh relawan asal Indonesia, Abdillah Onim, ini merupakan yayasan yang fokus pada bidang pendidikan dan kemanusiaan .

"Peserta yang terdaftar hingga Agustus 2021 berjumlah 784 orang tua asuh dengan jumlah anak asuh 907 anak. Donatur OTA (orang tua asuh) Yatim ini merupakan warga Indonesia di Indonesia atau WNI yang bermukim di negara lain seperti Amerika, Jerman, Korea, Belanda, Hongkong, Australia, Singapur dan lainnya," kata pendiri NPC Abdillah Onim dalam keterangannya, Senin 13September 2021.

Menurut Onim, NPC berdiri untuk semua golongan yang ditujukan guna membantu rakyat Palestina tanpa tujuan politik tertentu. Dalam perjalanannya, NPC telah bermitra dengan lebih dari 100 Lembaga sosial, komunitas, institusi di Indonesia. Hal ini meneguhkan komitmen dan misi NPC sebagai jembatan amanah kemanusiaan masyarakat Indonesia dan Palestina.

"Saat ini terdapat 11 kategori bidang kemanusiaan yang menjadi focus perhatian NPC di Palestina yakni : Program pangan, Sanitasi dan Air, Program Kesehatan , Pendidikan dan Dakwah, Pembangunan dan Renovasi, Program Anak Yatim, Pemberdayaan dan pelatihan, Program Musim Dingin, Program Qurban, Ramadan, dan Program Emergency/Pasca Agresi," kata Onim.

Sementara itu, Onim melanjutkan, sebagai bentuk kepedulian terhadap permasalahan dan kondisi di dalam negeri, NPC membentuk unit Nusantara Care dengan programnya antara lain, Posko bencana Gempa Bumi di Sulawesi Barat 2021.

Kemudian NPC juga mendistribusi 11 Ton beras bagi masyarakat terdampak Covid-19 di wilayah Jabodetabek, disribusi bantuan bagi korban banjir DKI 2021, dan Banjir Subang – Pamanukan Jawa Barat. NPC juga ikut memberi bantuan renovasi korban kebakaran di Jakarta.

Menurutnya, peran dan tugas NPC adalah menghubungkan serta memonitor orang tua asuh di Indonesia dengan anak yatim di Palestina, sehingga dapat saling menjalin komunikasi dengan para donatur.

Untuk penyaluran, Tim NPC di Palestina secara rutin mendistribusikan donasi OTA setiap 4 bulan sekali. Sedangkan sasaran penerima manfaat dari program OTA Yatim Palestina adalah mereka anak yatim hingga usia SMA atau yang sudah duduk di bangku kuliah.

Melihat antusias serta respons positif masyarakat Indonesia terhadap program ini, Onim menuturkan, ke depan NPC bertekad meningkatkan jumlah penerima manfaat program OTA Yatim Palestina dengan target 1.000 anak yatim tersantuni hingga akhir tahun ini.

“Semoga ke depannya program ini terus berjalan dengan baik dan mendapat dukungan dari berbagai pihak. Sehingga melalui program OTA Yatim Palestina kita dapat membantu meringankan beban dan memenuhi kebutuhan hidup anak yatim Palestina dengan layak," kata Onim.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1588 seconds (0.1#10.140)