Tinjau Pos Lintas Batas Negara di Merauke, Mahfud: Akan Diresmikan Presiden Oktober

Senin, 13 September 2021 - 04:30 WIB
loading...
Tinjau Pos Lintas Batas Negara di Merauke, Mahfud: Akan Diresmikan Presiden Oktober
Menko Polhukam Mahfud MD meninjau Pos Lintas Batas Negara di Merauke, Papua. Foto/IG
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD membagikan momen kunjungan kerja ke Merauke, Papua melalui akun instagram pribadinya Minggu (12/9/2021).

Mahfud ke Marauke dalam rangka meninjau Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota. Dalam kunjungan itu Mahfud turut ditemani oleh Mendagri, Kepala BNPP dan Bupati Merauke. Dia bercerita, dari Ibu Kota menuju Sota yang menjadi batas antara Indonesia dan Papua Nugini dia melakukan perjalanan darat.

"Kami menikmati perjalanan ini, selain karena jalan menuju Distrik Sota bagus dan mulus, juga karena bisa menyaksikan dari dekat kampung-kampung yang berada di ujung negeri, yang amat jauh dari Ibu Kota Jakarta," tulis Mahfud, Minggu (12/9/2021).

Mahfud menjelaskan, Kabupaten Merauke adalah wilayah di Provinsi Papua dikenal aman dan karena jarang terjadi gesekan sosial. Menurut dia, para warga hidup berdampingan dengan rukun, tanah subur, dan ekonomi masyarakatnya masuk ke dalam kategori baik. "Kami tiba di PLBN Sota setelah menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam. Menyaksikan bangunan PLBN yang indah dan cukup megah, dengan konsep desain yang mengadopsi kearifan lokal. Berbentuk sarang semut dengan ornamen lokal warna Tifa, motif suku lokal," bebernya.

Di lokasi PLBN, Mahfud menyaksikan Custom Immigration Quarantine Security (CIQS), Bea dan Cukai, serta melihat fasilitas pendukung PLBN yang ada. Menurutnya, dengan hadirnya PLBN dan berbagai fasilitas lain, ekonomi masyarakat sekitar perbatasan diharapkan akan semakin tumbuh. "Itu sebabnya, warga Sota dan Merauke bangga dan berterima kasih pada Presiden Jokowi yang telah memberi perhatian besar, seperti yang disampaikan Pak Bupati Romanus Beni kepada saya," ucapnya.

Lebih jauh ditururkan Mahfud, Presien Joko Widodo (Jokowi) akan dengan segera meresmikan pembangunan PLBN Sota pada Oktober mendatang. "Bila tak ada halangan, Presiden Jokowi akan meresmikan PLBN Sota pada bulan Oktober," katanya.

Di sela-sela kunjungan kerjanya tidak lupa Mahfud mengabadikan momen untuk berfoto di lokasi patok perbatasan Indonesia-Papua Nugini. Selain itu Tugu Perbatasan dan titik 0 Kilometer Merauke-Sabang juga menjadi lokasi foto dari eks Menteri Pertahanan era Presiden Gus Dur tersebut.

"Dalam perjalanan kembali ke Merauke untuk lanjut ke Bandara Mopah, saya bersama rombongan mampir di Masjid Agung Merauke, Al-Aqsha untuk salat Dzuhur. Kali ini kami didampingi Bapak Wakil Bupati Haji Riduan yang asli Nganjuk, Jawa Timur. Usai salat, kami pamit untuk kembali ke Jakarta," bebernya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1313 seconds (0.1#10.140)