KSAU Yakin Pengadaan Hercules Seri Terbaru Tingkatkan Kemampuan TNI AU

Kamis, 09 September 2021 - 21:28 WIB
loading...
KSAU Yakin Pengadaan Hercules Seri Terbaru Tingkatkan Kemampuan TNI AU
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo optimistis, pengadaan pesawat C-130J Hercules mampu meningkatkan kemampuan TNI AU signifikan. Foto/TNI AU
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo optimistis, pengadaan Pesawat C-130J Hercules mampu meningkatkan kemampuan TNI AU secara signifikan.

Baca Juga: TNI AU
Baca juga: KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo Tinjau Sentra Vaksinasi di Kampus UI

Fadjar menuturkan, dalam beberapa waktu ke depan, TNI AU mendapatkan tambahan kekuatan Alutsista pesawat angkut berat jenis C-130J Hercules.

Hercules yang akan diterima TNI AU ini, merupakan pesawat seri terbaru yang didesain secara modern versi militer, baik teknologi mesin pesawat maupun sistem avionik.

Dikatakan Fadjar, pesawat tersebut juga dilengkapi dengan berbagai peralatan dan fasiltas pendukung, di antaranya tempat duduk navigator dan juru mesin di cockpit pesawat.

Selain itu cargo pesawat juga dilengkapi dengan portable passenger seat, toilet, dan pantri serta wiring yang siap digunakan untuk memudahkan loading-unloading barang.

Kepada pihak Lockheed Martin, KSAU juga berharap adanya jaminan ketersedian dan keberlangsungan suku cadang pesawat. Terutama ketersediaan suku cadang sejak awal pesawat dioperasionalkan oleh TNI AU, termasuk juga suku cadang yang bersifat mendesak.

Hal lain yang menjadi atensi Fadjar adalah, pelaksanaan pelatihan yang komprehensif dan baik untuk air crew dan ground crew TNI AU. Tujuannya agar mendapatkan kemampuan terbaik dalam mengoperasikan pesawat tersebut.

"Pengadaan pesawat seri terbaru ini antinya akan menambah kekuatan pesawat angkut berat yang digunakan untuk pelaksanaan operasi militer perang dan operasi militer selain perang, termasuk untuk operasi kemanusiaan dan operasi penanggulangan bencana," jelasnya.

Sampai dengan saat ini, TNI AU masih mengandalkan Pesawat C-130 Hercules, sebagai pesawat angkut berat yang telah dioperasionalkan sejak awal tahun 1960.

Indonesia tercatat sebagai pengguna pertama Pesawat C-130 Hercules di luar negara Amerika Serikat. Pesawat C-130 Hercules yang digunakan oleh TNI AU selama ini adalah C-130B dan C-130H/S yang dioperasionalkan di Skadron Udara 31, 32 dan Skadron Udara 33.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1610 seconds (0.1#10.140)