Kemenkes: Varian Delta Dominan Bersirkulasi di Dunia dalam 60 Hari Terakhir

Jum'at, 03 September 2021 - 06:50 WIB
loading...
Kemenkes: Varian Delta Dominan Bersirkulasi di Dunia dalam 60 Hari Terakhir
Juru Bicara (Jubir) Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi mengatakan, varian Delta menjadi varian yang paling dominan bersirkulasi di dunia dalam 60 hari terakhir. Foto/BNPB
A A A
JAKARTA - Juru Bicara (Jubir) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi mengatakan, varian Delta menjadi varian yang paling dominan bersirkulasi di dunia dalam 60 hari terakhir.

(b.1617.2+ayx). Varian delta ini merupakan varian yang dominan bersirkulasi di dunia dalam 60 hari terakhir," kata Nadia dalam keterangan yang dikutip, Jumat (3/9/2021).

Selain itu Nadia mengatakan, dari data per 31 Agustus, hampir 6.000 hasil sekuensing telah diserahkan ke dalam database global. "Saat ini varian Delta menjadi mayoritas hasil sekuensing di Indonesia, dengan total jumlah mencapai 2.240 sejak ditemukannya varian Delta di awal tahun 2021," ucapnya.

Namun Nadia mengungkapkan, selain varian Delta, varian Alpha juga harus diwaspadai. Pasalnya, varian ini lebih menular 5 kali lipat dari virus Corona (Covid-19) asli Wuhan, China. Bahkan, varian ini mempunyai masa inkubasi lebih pendek.

"Bahwa varian ini memiliki tingkat penularan yang sangat tinggi. Bahkan, studi terakhir menyebutkan, penularannya 5x lipat dari varian Alpha dengan masa inkubasi yang lebih pendek," paparnya.

"Kita selalu memantau varian-varian lain yang mungkin bersirkulasi di Indonesia termasuk kemungkinan adanya varian lokal yang muncul di Indonesia," tambah Nadia.

Oleh karena itu Nadia berharap, pemerintah daerah dapat memantau wilayah masing-masing jika muncul klaster-klaster besar, atau jika ditemukan kasus Covid-19 pada individu yang telah mendapatkan vaksinasi dan segera dikonsultasikan untuk pengambilan sampel sequencing.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1327 seconds (0.1#10.140)