Kasus Pinangki, MAKI Nilai Reformasi di Kejagung Masih Jauh dari Optimal

Rabu, 25 Agustus 2021 - 16:35 WIB
loading...
A A A
Selain soal aspek kepercayaan, survei SMRC juga mengungkapkan penilaian warga pada aspek persepsi bahwa jaksa bersih dari praktik suap yang cenderung negatif dengan 59% warga tidak setuju. Kemudian pengawasan internal berjalan baik membukukan 45% ketidaksetujuan warga dan independensi jaksa yang ternyata tidak disetujui oleh 49% warga.

Survei SMRC juga mengungkap ketidakpercayaan warga terhadap proses penyitaan aset dalam kasus Asabri dan Jiwasraya. Ada sekitar 29% warga yang tahu tentang kasus Asabri dan mayoritas di antara mereka atau 56% tidak yakin proses penyitaan aset dalam kasus tersebut sudah berjalan dengan baik.

Begitu pula dengan kasus Jiwasraya, dari 29% warga yang tahu kasus Jiwasraya, mayoritas atau 60% tidak yakin proses penyitaan aset dalam kasus Jiwasraya sudah berjalan dengan baik.

Sementara itu sikap warga cukup terbelah terhadap pengelolaan aset sitaan dalam survei SMRC ini. Ada sekitar 39% warga yang sangat/cukup percaya bahwa pengelolaan aset atau harta sitaan oleh Kejagung sudah dilakukan secara transparan dan ada 40% yang kurang/tidak percaya. Sisanya, sekitar 20% tidak dapat memberikan penilaian.
(kri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2899 seconds (0.1#10.140)