JK Meyakini Konflik di Afganistan Bisa Diselesaikan Lewat Perundingan

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 20:45 WIB
loading...
JK Meyakini Konflik di Afganistan Bisa Diselesaikan Lewat Perundingan
Mantan Wakil Presiden (Wapres), Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan konflik yang terjadi di Afganistan saat ini bisa diselesaikan dengan cara perundingan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mantan Wakil Presiden (Wapres), Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan konflik yang terjadi di Afganistan saat ini bisa diselesaikan dengan cara perundingan. Di mana, perundingan itu dilakukan antara pemerintahan Presiden Ashraf Ghani dengan pemimpin Taliban.

"Bagaimana konflik ini diselesaikan, diselesaikan dengan damai, dengan perundingan," ujar JK saat menjadi pembicara dalam diskusi 'Masa Depan Afghanistan dan Peran Diplomasi Perdamaian Indonesia' secara virtual, Sabtu (21/8/2021). Baca juga: Kalahkan 3 Negara Besar, JK Sebut Afghanistan Bangsa yang Kuat dan Hebat

JK membeberkan kemenangan Taliban dalam menduduki Afganistan bukan karena berperang. Taliban bisa menduduki Afganistan, khususnya Ibu Kota Kabul karena tentara Amerika Serikat ditarik mundur oleh pemerintahannya.

"Seperti yang saya katakan, kemenangan Taliban itu bukan karena dia berperang tapi karena tentara Amerika ingin pulang sehingga tidak terjadi satu konflik besar dan Amerika sudah capek berperang tanpa tujuan," terangnya.

JK berpandangan bahwa Presiden Ashraf Ghani sebenarnya tidak ingin adanya pertempuran antara Taliban dengan tentara pemerintahannya. Oleh karenanya, kata JK, Presiden Ashraf Ghani memilih untuk pergi dari Afghanistan usai tentara Amerika Serikat ditarik mundur.

"Saya ingin ulangi, kemudian terjadi perdamaian itu karena tentara pemerintah tidak mau beperang dengan sesamanya, perang saudara. Itu salah satu alasan kenapa Presiden Ghani meninggalkan Kabul karena dia tidak mau jadi pertempuran di antara mereka. Jadi menurut saya ini solusi yang terbaik yang ada," tuturnya.

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) tersebut menilai saat ini konflik di Afganistan tinggal diselesaikan. Meskipun, dalam beberapa hari belakangan kerap terjadi kekacauan. Namun, JK meyakini konflik di Afganistan saat ini bisa diselesaikan dengan cara kompromi.

"Tinggal komprominya saja. Nah ini tinggal kita tunggu nih, ada dua hal, kompromi antar pemerintahan Taliban dengan pemerintahan yang masih ada , kemudian bagaimana disiplin dari Taliban sendiri," pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5822 seconds (0.1#10.140)