JK Ungkap Alasan Undang Taliban ke Indonesia: Untuk Melihat Islam yang Moderat

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 20:01 WIB
loading...
JK Ungkap Alasan Undang Taliban ke Indonesia: Untuk Melihat Islam yang Moderat
Mantan Wakil Presiden (Wapres), Jusuf Kalla mengungkapkan alasan dirinya pernah mengundang pihak Taliban ke Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mantan Wakil Presiden (Wapres), Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan alasan dirinya pernah mengundang pihak Taliban ke Indonesia. Dia mengaku bahwa alasannya adalah untuk menunjukkan Islam moderat yang tumbuh di Indonesia.

“Kenapa kami undang ke Indonesia? Dua kali, tiga kali Taliban itu. Untuk melihat Islam juga dapat tumbuh dengan cara moderat, dapat dijalankan secara baik dan damai. Karena itu saya undang untuk melihat pesantren di sekitar Jakarta. Melihat masjid-masjid kita,” ujarnya dalam diskusi publik yang bertema Masa Depan Afghanistan dan Peran Diplomasi Peran Indonesia, Sabtu (21/8/2021).

Seperti diketahui undangan JK kepada kelompok Taliban saat dirinya menjabat sebagai Wapres merupakan upaya untuk mewujudkan Afghanistan yang damai. “Dan kemudian mereka saya undang ke Indonesia, datang lah mereka kita berunding di Jakarta. Dan mereka setuju sebenarnya prinsip perdamaian. Tapi yang tidak setuju adalah perang dengan AS. Mereka akan lanjutkan (perang) selama AS ada di situ,” ungkapnya.

JK pun bercerita bahwa bukan hal yang mudah. Hal ini mengingat bahwa Taliban dilabeli sebagai kelompok teroris oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Pada waktu itu JK meminta Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi mengatur hal tersebut.

Hal ini mengingat Indonesia saat itu masuk dalam anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. "Untuk mengundang mereka saja kita harus lewat PBB. Bagaimana mereka cap terorisnya kita hilangkan di Dewan Keamanan. Saya berterima kasih kepada Menlu dan juga wakil kita di PBB sehingga berhasil memberikan kebebasan kepada Mullah Baradar (Taliban) misalnya itu hanya enam bulan supaya bisa berkunjung ke Indonesia,” paparnya.

Menurutnya, negara pertama pihak Taliban kunjungi selain Pakistan dan Afganistan adalah Indonesia. Baca juga: Hakim Afghanistan: Taliban Bakar Wanita karena Masakannya Buruk

“(Mereka) Senang dengan partisipasi Indonesia karena tidak ada negara lain yang berani mengundang mereka,” pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1276 seconds (0.1#10.140)