Habib Bahar dan Ryan Jombang Berselisih, Ditjen PAS: Masalah Pribadi

Rabu, 18 Agustus 2021 - 20:41 WIB
loading...
Habib Bahar dan Ryan Jombang Berselisih, Ditjen PAS: Masalah Pribadi
Ditjen PAS membenarkan ada perselisihan yang terjadi antara Habib Babar bin Smith dengan Very Idham Henyansyah alias Ryan Jombang di Lapas Gunung Sindur, Bogor. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan ( Ditjen PAS ) membenarkan bahwa ada perselisihan yang terjadi antara Habib Babar bin Smith dengan Very Idham Henyansyah alias Ryan Jombang di Lapas Gunung Sindur, Bogor.

"Itu masalah pribadi saja antar perorang. Memang bisa terjadi dengan siapa pun, termasuk di dalam lapas. Orang-orang yang mempunyai latar belakang berbeda, kepribadian berbeda. Tapi semuanya sudah diselesaikan," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen PAS, Rika Aprianti kepada wartawan, Rabu (18/8/2021).

Nantinya, kata Rika, Habib Bahar dan Ryan bakal mengikuti pembinaan. Rika menjelaskan bahwa pembinaan nantinya diharapkan dapat menyadari perbuatan antara Habib Bahar dan Ryan.

Baca juga: Kalapas Gunung Sindur Pastikan Habib Bahar dan Ryan Jombang Sudah Berdamai

"Kita akan mengadakan lagi mereka untuk mengikuti pembinaan. Wujud pembinaan, yang salah kita arahkan kembali untuk menyadari prilaku mreka yang tidak benar, baik itu secara hukum maupun sosial dan juga agama. Agama mana pun pasti kan tidak menganjurkan adanya pertikaian maupun perselisihan," ujarnya.

Rika juga memastikan bahwa perselisihan antarkeduanya telah diselesaikan. Keduanya saat ini sedang fokus menjalani pembinaan. "Yang pasti perselisihan sudah selesai dan mereka pun kembali mengikuti aturan-aturan program pembinaan yang sudah diterapkan oleh pihak lapas," katanya.

Sebelumnya, Kalapas Khusus Kelas IIA Gunung Sindur Mujiarto membenarkan perihal adanya perselisihan antara Habib Bahar dan Ryan Jombang. Menurutnya, perselisihan tersebut terkait dengan uang. "Masalah tentang uanglah dan dengan pengacaranya itu sudah selesai," ucap Mujiarto.

Baca juga: Divonis 3 Bulan Penjara, Habib Bahar: Saya Bertanggung Jawab

Dalam perselisihan itu, kata Mujiarto, Habib Bahar dan Ryan Jombang sempat adu mulut dan terlibat adu fisik. "Adu mulut, disentil, dipukullah itu Ryan Jombang, tapi dua pihak itu sudah memahami," kata Mujiarto.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1911 seconds (0.1#10.140)