Jokowi Sebut Pandemi Beri Penguatan Signifikan dalam Perilaku dan Infrastruktur Kesehatan Indonesia

Senin, 16 Agustus 2021 - 10:02 WIB
loading...
Jokowi Sebut Pandemi Beri Penguatan Signifikan dalam Perilaku dan Infrastruktur Kesehatan Indonesia
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pidato kenegaraannya mengatakan pandemi Covid-19 telah memebrikan dampak tersendiri bagi Indonesia. Salah satunya pada sektor kesehatan.

"Selama satu setengah tahun diterpa pandemi, telah terjadi penguatan yang signifikan dalam perilaku dan infrastruktur kesehatan kita, dan sekaligus penguatan kelembagaan nasional kita," katanya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta. Senin (16/8/2021).

Jokowi mengatakan bahwa kesadaran, partisipasi, dan kegotongroyongan masyarakat menguat luar biasa. Kelembagaan pemerintahan lintas sektor dan lintas lembaga negara, serta antara pusat dan daerah sampai dengan desa, juga mengalami konsolidasi. "Hal ini membuat kapasitas sektor kesehatan meningkat pesat dan semakin mampu menghadapi ketidakpastian yang tinggi dalam pandemi," ujarnya.

Sementara dari sisi masyarakat, kesadaran terhadap kesehatan semakin tinggi. Kebiasaan mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak, telah menjadi kesadaran baru. Gaya hidup sehat, menjaga kebersihan lingkungan, berolah raga, dan mengonsumsi makanan yang bernutrisi juga semakin membudaya. "Hal ini merupakan modal besar untuk menuju masyarakat yang lebih sehat dan dalam pengembangan SDM yang berkualitas," ujarnya.

Jokowi juga menyebut bahwa kesadaran dan antusiasme masyarakat untuk divaksin, memperoleh layanan kesehatan, memperoleh pengobatan,dan saling peduli juga semakin tinggi.

"Pandemi telah mengajarkan bahwa kesehatan adalah agenda bersama. Pandemi telah menguatkan institusi sosial di masyarakat, dan semakin memperkuat modal sosial kita. Jika ingin sehat, warga yang lain juga harus sehat. Jika ada seseorang yang tertular Covid-19, maka hal ini akan membawa risiko bagi yang lainnya. Penyakit adalah masalah bersama, dan menjadi sehat adalah agenda bersama," pungkasnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1547 seconds (0.1#10.140)