Merdeka di Asa Pandemi Covid-19

Minggu, 15 Agustus 2021 - 12:26 WIB
loading...
Merdeka di Asa Pandemi Covid-19
Laily Fitriyah Liza Min Nelly, Ketua DPD Partai Perindo Kota Malang. Foto/Istimewa
A A A
Laily Fitriyah Liza Min Nelly
Ketua DPD Partai Perindo Kota Malang

Saat ini kita berada dalam situasi yang sangat sulit. Sejak setahun yang lalu kita semua dihadapkan dengan situasi pandemi Covid-19 yang secara global telah menghantam semua sendi-sendi kehidupan. Sejak pertama kali Covid 19 muncul di Wuhan, China, kemudian menyebar ke berbagai belahan dunia tidak terkecuali Indonesia.

Pandemi Covid-19 ini telah membawa perubahan terhadap dunia dengan berbagai tantangan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Di Indonesia, Covid-19 telah menjangkiti jutaan orang sejak kasus pertama diumumkan pada bulan Maret 2020 dan sudah ribuan orang yang meninggal dunia. Pemerintah telah melakukan berbagi upaya untuk menghambat laju penyebaran Covid-19. Namun, upaya tersebut juga berdampak sangat serius terhadap kegiatan perekonomian.

Pandemi Covid-19 ini hampir melumpuhkan semua sendi-sendi kehidupan. Pergerakan ekonomi terhenti, kesehatan masyarakat menurun, layanan rumah sakit dan pusat-pusat kesehatan semakin terbatas dan overload, kegiatan-kegiatan sekolah dan pendidikan tatap muka menjadi terhenti, sektor-sektor ekonomi serta usaha-usaha mikro, kecil dan menengah berhenti bergerak, jumlah pengangguran meningkat dan banyak pekerja yang dirumahkan atau bahkan diberhentikan (PHK).



Kebijakan pemerintah dalam melakukan pembatasan aktivitas masyarakat (PSBB, PPKM, dan sebagainya) serta imbauan-imbauan lainnya dengan tujuan untuk menurunkan jumlah orang yang terpapar dan menurunkan jumlah kematian akibat Covid-19 juga berpengaruh pada menurunnya aktivitas ekonomi dan kegiatan usaha yang sangat berimbas kepada pendapatan masyarakat.

Kita semua sadar bahwa keadaan ini akan makin sulit jika kita tidak segera mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menghentikan laju penyebaran Covid-19 ini.

Momentum HUT ke-76 Kemerdekaan RI ini kita jadikan titik tolok untuk bangkit bersama dan bersatu padu segenap komponen anak bangsa melawan pandemi Covid 19. Kita harus yakin bahwa kita mampu mengatasi dan melawan Covid-19 ini.



Hal ini tentu juga menjadi PR besar bagi pemerintah untuk segera mengambil langkah yang tepat mengatasi pandemi Covid 19. Karena sejatinya, kita semua ingin merdeka. Merdeka dari pandemi Covid 19, merdeka dari kemiskinan dan kelaparan, merdeka dari kebodohan dan ketidakadilan, merdeka dari segala ketertindasan dan keterimpitan ekonomi, anak-anak bisa merdeka untuk belajar dan menuntut ilmu, masyarakat bisa merdeka untuk bekerja dan mencari penghidupan untuk keluarganya serta merdeka dari kekuasaan yang korup dan yang hanya mementingkan kepentingan pribadinya dibandingkan dengan kesejahteraan rakyat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1318 seconds (0.1#10.140)